Sukses

Vaksin Booster Kedua Sasar 380 Warga Binaan Situbondo, Kunjungan Masih Dibatasi

Ratusan orang warga binaan lembaga pemasyarakatan Rumah Tahanan Kelas IIB Situbondo menerima vaksinasi penguat (Booster) dosis kedua sebagai upaya mendukung percepatan vaksinasi Covid-19.

Liputan6.com, Situbondo - Ratusan orang warga binaan lembaga pemasyarakatan Rumah Tahanan Kelas IIB Situbondo menerima vaksinasi penguat (Booster) dosis kedua sebagai upaya mendukung percepatan vaksinasi Covid-19.

Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan mengatakan, Vaksinasi booster kedua bagi warga binaan ini bekerja sama dengan Klinik Pratama Polres Situbondo dan Dinas Kesehatan setempat.

“Ini merupakan upaya kami bersama untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19, meski PPKM sudah dicabut oleh pemerintah. Kami harus tetap waspada dengan virus corona, salah satunya upayanya memberikan vaksin pengungat kedua,”ujar Rudi, Sabtu (4/2/2023).

Vaksinasi penguat dua yang berlangsung di Aula Bharudin Lopa Rutan Situbondo itu, kata dia, seluruh warga binaan yang berjumlah 380 orang didata dan dicek kesehatanya sebelum menerima vaksin penguat atau vaksinasi tahap empat.

Menurut Rudi, vaksinasi penguat ini dilakukan agar semua warga binaanya menerima vaksin sampai tahap empat (Booster dua) selain untuk mencegah penyebaran virus corona, vaksinasi ini bertujuan agar nantinya saat warga binaan yang bebas memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Selama ini, kata Rudi, Rutan Situbondo secara bertahap memberikan vaksin Covid-19 kepada warga binaan pemasyarakatan demi terciptanya kekebalan kelompok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan Terbatas

Rudi menambahkan, kunjungan bagi keluarga warga binaan juga masih terbatas bagi keluarga inti, dan pengunjung juga diwajibkan telah mendapatkan vaksinasi penguat pertama serta menunjukan identitas diri seperti KTP dan lainya.

“Mengenai dengan kunjungan, kami memberlakukan kunjungan tatap muka terbatas. Artinya yang menjenguk hanya keluarga inti dan sudah divaksin booster pertama,”ucapnya.

Sementara itu, salah seorang warga binaan Rutan Situbondo, Supriadi mengaku senang dengan adanya kegiatan vaksinasi penguat kedua, dan hal ini merupakan bentuk kepedulian untuk memproteksi warga binaan.

“Tentunya kami senang dengan adanya vaksinasi booster kedua ini karena kami semua ingin sehat,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.