Sukses

Nelayan Paciran Lamongan Selamatkan Hiu Tutul yang Terdampar

Para nelayan harus bergotong royong untuk bisa mengembalikan hiu tutul tersebut ke perairan yang lebih dalam.

Liputan6.com, Lamongan - Seekor hiu tutul (rhincondon typus) yang sempat terdampar di perairan dangkal Desa Paloh, Kecamatan Paciran, Lamongan berhasil diselamatkan nelayan dengan cara menuntun ikan tersebut ke tengah laut.

Para nelayan harus bergotong royong untuk bisa mengembalikan hiu tutul tersebut ke perairan yang lebih dalam. Sebab, hewan berwarna hitam dengan bintik atau tutul berwarna putih tersebut berukuran cukup besar.

"Yang terlihat di Desa Paloh ini panjangnya kurang lebih 7 meter, terlihatnya kemarin petang," kata ketua Rukun Nelayan (RN) Desa Paloh, Zainul Maarif, Jumat (10/9/2021), dikutip dari TimesIndonesia.

Keberadaan hiu tutul tersebut sempat menjadi tontonan warga. Bahkan, sejumlah anak-anak desa setempat yang merasa penasaran pun melihat dari jarak yang sangat dekat dan menyentuh ikan besar tersebut.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kawanan 4 Hiu

"Karena kasihan melihat hiu itu yang kondisinya semakin lemah, nelayan kemudian mengambil inisiatif untuk menyelamatkan hewan ini dengan menuntunnya kembali ke laut," jelasnya.

Sebelum ada satu ekor yang terdampar di perairan dangkal, sehari sebelumnya pegawai PT Dok Pantai Lamongan yang kaan menyandarkan kapal juga melihat ada 4 ekor hiu tutul yang berenang tak jauh dari daratan. Jaraknya kurang lebih 500 meter hingga 1 kilometer dari daratan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.