Sukses

Jatuh Bangun Reza Rizky Darmawan yang Jadi Miliarder Muda, Eksekutif Startup yang Kini Jadi Pengusaha Sukses

Reza Rizky Darmawan dikenal sebagai influencer sukses.

Liputan6.com, Jakarta NamaReza Rizky Darmawan dikenal sebagai influencer sukses. Karirnya dimulai diawali dengan sebuah mimpi dan kerja keras. Hanya dengan hitungan jari, dirinya menjadi pengusaha sukses yang menapaki dengan penuh kerikil tajam.

Saat ini, Reza Darmawan menjadi seorang pengusaha sukses yang fokus berbisnis dan menjadi investor. Padahal ia berasal dari keluarga sederhana saja.

Pria kelahiran Magelang ini pernah enam tahun menjadi eksekutif di perusahaan startup fintech, diantaranya pencetus PayLater Traveloka dan direksi di perusahaan fintech Fazz Financial, StraitsX. Ia juga founder dari perusahaan software platform bernama POST.app.

Kini, jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini fokus berbisnis di sektor riil terutama trading komoditas seperti distribusi daging, distribusi minyak diesel industri (solar), dan pengadaan. Selain itu, ia juga fokus menjadi investor dengan mendirikan Hanglekiu Group, sebuah holding perusahaan private investment dengan total investasi setahun terakhir sekitar USD 20 juta.

"Jiwa entrepreneurship saya dimulai dari SMA dengan berdagang dan membiayai biaya sekolah sendiri. Saya berdagang sepatu sandal dan katering sejak SMA. Bisa dibilang saya salah satu tulang punggung keluarga pasca orang tua pisah," ujar Reza Darmawan kepada wartawan di kantornya, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menjalankan Bisnis

Hal di atas itu pun diteruskannya saat ia menimba ilmu di ITB. Reza tetap menjalankan bisnisnya dari nol tanpa melupakan studinya di jurusan Teknik Elektro. Ia menjadi salah satu mahasiswa terbaik ITB di 2016 dan kerap berkompetisi serta mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar ke luar negeri.

"Setelah lulus kuliah saya mengawali karir sebagai software sales di Singapura dan Kuala Lumpur. Ini juga saya mulai dari nol," papar pria kelahiran 29 April 1994 ini.

Reza pun tak lepas dari kerugian saat berbisnis. Miliaran rupiah pernah lenyap darinya akibat ditipu rekan bisnis. Bukan hanya sekali, tapi sampai tiga kali.

"Yang kita ambil hikmah dan pelajarannya, dari kegagalan pertama, kedua dan ketiga kalau nggak bangkit lagi ya hancur," beber penyuka olahraga ekstrim seperti surfing, diving, skateboard, snowboard dan crossfit ini.

 

3 dari 3 halaman

Semangat Bangkit

Dengan semangat untuk bangkit inilah, perlahan ia berhasil kembali menjadi pengusaha sukses. Kini, lewat Hanglekiu Group yang dirintis bersama sahabatnya Rionaldo, dirinya mampu menjadi pengusaha sukses kembali. 

"Kuncinya menjadi pengusaha sukses adalah dengan terus mencari peluang dan memperluas network/jaringan. Jangan lupa, tetap jaga kepercayaan dan reputasi, dan selalu berani bermimpi diiringi dengan usaha maksimal," beber penggemar moge dan mobil sport ini.

Sebagai pengusaha, Reza kini juga aktif berorganisasi di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Kamar Dagang Indonesia (KADIN), beberapa klub motor Harley Davidson dan klub Supercar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini