Sukses

Terobosan Seniman Antonio Wisesa untuk Batik Indonesia, Bikin Amartya NFT 9 Tokoh Dewa

Seniman ilustrator Antonio Wisesa melakukan terobosan untuk memajukan batik di Indonesia lewat Amartya NFT. Amartya bermakna immortal atau abadi.

Liputan6.com, Jakarta Seniman Antonio Wisesa melakukan terobosan untuk memajukan perkembangan batik di Indonesia lewat Amartya NFT. Kata Amartya dipilih karena bermakna immortal atau abadi.

Amartya NFT menggambarkan sembilan tokoh dewa dengan sifat dan elemen istimewa. Penuangan sembilan karakter dewa ke dalam media visual menggunakan pola batik dengan tema yang jarang ditemui.

Filosofi pola dan pemilihan sembilan karakter dewa ini merepresentasikan kalender tradisional Jawa sekaligus menunjukkan kentalnya kultur Jawa yang diusung dalam koleksi seni visual.

Selama penggarapan Amartya, seluruh tim berkonsultasi dengan pihak Iwan Tirta Private Collection untuk mengembangkan karakter dan memilih nama buat setiap Amartya, berdasarkan kosakata bahasa Sansekerta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warisan Leluhur

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Rabu (14/12/2022), Antonio Wisesa membeberkan alasan memajukan seni batik dengan memperkenalkan Amartya NFT.

“Batik salah satu warisan luhur budaya bangsa yang harus dijaga kelestariannya. Menyadari ini, kami mengusung batik ke ranah seni baru, yakni seni digital NFT,” kata Antonio Wisesa.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Ranah Seni Dunia Meta

“Dengan masuk ke ranah seni dunia meta, kami berharap batik makin mendunia dan dikenal lebih banyak kalangan,” kata ilustrator yang menangani penggambaran, penulisan, animasi aset, karakter, maupun seluruh dunia penceritaan Amartya. 

Dalam kesempatan itu, Antonio Wisesa mengapresiasi dukungan rumah batik Indonesia, Iwan Tirta Private Collection, yang bertindak sebagai advisor Amartya NFT.

 

4 dari 4 halaman

Menularkan Inspirasi

“Semoga Amartya NFT jadi salah satu upaya agar batik menyentuh lebih banyak penikmat seni. Semoga langkah ini menularkan inspirasi dan membuka peluang baru dimunculkannya batik dalam berbagai bentuk media seni, tak hanya berwujud kain,” ujar Antonio Wisesa.

Amartya NFT hasil kerja sama Antonio Wisesa, NFT Gaspack, dan exchange cryptocurrency Indonesia Vonix. Proyek kolaborasi ini diluncurkan ke pasar seni digital mulai 15 Desember 2022 serta melibatkan rumah batik Iwan Tirta selaku advisor dalam proses kreatifnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.