Sukses

68 Musisi Bakal Tampil di Festival Harmoni Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah musisi dan seniman bakal tampil di Festival Harmoni Indonesia. Acaranya sendiri akan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta pada 28 dan 29 Oktober 2022.

Pertunjukan tersebut bakal menghadirkan konser musik serta berbagai kegiatan seni dan budaya Indonesia. Adapun Festival Harmoni Indonesia diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) bersama pengelola Taman Mini Indonesia Indah.

Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya, La Ode Ahmad P. Balombo mengatakan penyelenggaraan festival tersebut bertujuan membangkitkan lagi kecintaan terhadap seni dan budaya Indonesia.

"Festival ini merupakan sebuah gagasan dan kreasi untuk membangun harmoni. Sesuatu yang harus kita dukung bersama, lewat seni dan budaya," kata La Ode di Hotel Kristal, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022).

 

2 dari 4 halaman

Pertimbangan

Pemilihan TMII sebagai lokasi Festival Harmoni Indonesia didasari atas pertimbangan dan alasan yang kuat. Taman Mini Indonesia Indah dinilai punya visi yang sama dengan Festival Harmoni Indonesia yakni membangkitkan lagi kecintaan terhadap keberagaman seni dan budaya Indonesia.

"TMII cocok karena kita bisa melihat 34 provinsi di sana. Mempersembahkan sesuatu yang punya nilai budaya," jelas Direktur Eksekutif TMII Emilia Eny Utari, Emilia dari Taman Mini.

 

3 dari 4 halaman

Industri Hiburan

Penyelenggaraan Festival Harmoni Indonesia bakal digarap oleh Boss Creator yang bergerak di industri hiburan. 

Kiki Aulia Ucup dari Boss Creator mengatakan bahwa festival tersebut menghadirkan banyak keseruan. Antara lain, pertunjukan musik, penampilan kesenian, makanan daerah, film, serta aktivitas kebudayaan lainnya.

"Kami akan membangun sebuah festival yang harmoni, ada musik, kesenian, makanan, budaya dan lainnya," beber Kiki Aulia Ucup.

 

4 dari 4 halaman

Konsep

Menurutnya, puluhan musisi dipastikan tampil dalam Festival Harmoni Indonesia yang digelar Oktober mendatang. Dia menyebut para musisi bakal menyuguhkan penampilan dengan konsep keberagaman budaya Indonesia.

"Ada 34 penampil setiap hari, jadi total ada 68 musisi dalam dua hari," ucap Ucup.

Para pengisi acara Festival Harmoni Indonesia 2022 akan diumumkan dalam waktu dekat. Tiket masuk Festival Harmoni Indonesia juga bakal diinformasikan segera melalui situs resmi.