Sukses

Influencer Diego Christian Bongkar Rahasia Cara Dapat Uang di Media Sosial

Diego Christian membongkar rahasia caranya mendapatkan cuan.

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan teknologi digital termasuk media sosial alias medsos kini semakin dimaksimalkan untuk segala kebutuhan, tak hanya untuk komunikasi tapi juga menjaga eksistensi, hingga menjalankan bisnis yang menghasilkan uang alias cuan dan bukan tidak mungkin bisa kaya seperti yang dialami Influencer Diego Christian.

Terlebih lagi ketika pandemi Covid-19 menghantam, hampir semua aktivitas dilakukan menggunakan teknologi.

Dari situlah pada akhirnya kemudian media sosial menjadi pilihan yang sering digunakan oleh brand untuk meluaskan produknya. Hingga dari kebutuhan tersebut, pada akhirnya bermunculan para influencer, content creator, key opinion leader (KOL) yang berlomba-lomba dalam hal kreativitas dalam menyuguhkan content.

Berbicara tentang pertumbuhan media sosial di Indonesia, berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191 juta orang pada Januari 2022.

Jumlah itu telah meningkat 12,35% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 170 juta orang.

Influencer Diego Christian dan Willy Apriando (Head of Marketing Kredit Pintar) dalam seminar online Kelas Pintar Bersama, Menjadi Kaya Lewat Social Media.Influencer Diego Christian dan Willy Apriando (Head of Marketing Kredit Pintar) dalam seminar online Kelas Pintar Bersama, Menjadi Kaya Lewat Social Media, Sabtu (26/3/2022).

Sementara itu mengutip data dari AnyMind Research, beberapa negara di Asia Pasifik, seperti Indonesia, Jepang, Filipina, Taiwan, dan Thailand, mengalami pertumbuhan 66% selama 2021 dalam jumlah influencer makro (influencer dengan jumlah followers 100.000-1 juta).

Kebutuhan akan talent-talent media sosial yang telah menjadi industri tersebut, diprediksi masih akan masih berlangsung dalam beberapa tahun ke depan.

Diakui oleh Diego Christian, influencer yang juga founder KOL management bernama Aru Palaka Management, melihat bahwa brand-brand saat ini banyak bekerjasama dengan influencer melalui media sosial, karena market melihat karakter seseorang dari socmed-nya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kepikiran

Hal itu pula yang kemudian diseriusi oleh Diego. “Awal aku bikin medsos memang nggak kepikiran buat jadi cuan. Namun karena aku rajin bikin postingan tentang hal-hal yang aku suka, sekitar dua tahun baru dilirik brand dan bisa jadi cuan," jelasnya dalam seminar online bertajuk Kelas Pintar Bersama, Menjadi Kaya Lewat Social Media, yang diinisiasi oleh Kredit Pintar, beberapa waktu lalu.

Diego mengatakan saat pertama masih barter dengan produk. Mulai jadi cuan, kata dia, per story dibayar sekitar Rp 150 ribu, sedangkan per feed Instagram Rp 300 ribu.

Mulai dari situlah kemudian banyak berdatangan online shop dan brand. "Sampai akhirnya datang sebuah brand skincare yang nilai kerjasamanya Rp 95 juta. Padahal aku bukan skincare influencer. Dari situ lalu menganalisa bahwa sekarang ini market lebih melihat ke karakter sehingga brand apapun bisa asalkan nge-link dengan karakter kita,” cerita Diego.

 

3 dari 5 halaman

Menggarap

Dalam Kelas Pintar Bersama tersebut, Diego mengungkapkan bagaimana ia mulai menggarap serius medsos miliknya hingga membangun sendiri management talent.

Saat ini Arupalaka menaungi sekitar 55 orang influencer dan 6 exclusive talent yang nilai kerja sama dengan brand pun cukup fantastis.

“Waktu itu pernah per satu kali campaign dengan sebuah brand hijab nilainya di angka Rp 1,8 miliar,” ungkap Diego.

Deretan artis, influencer atau selebgram yang tergabung dalam Aru Palaka, kata Diego, hingga kini antara lain ada Tyna Kanna, Ririn Ekawati, Nindy Ayunda, Dion Mulya, Dwi Handayani, dan lain-lain.

Wah, sungguh fantastis kan! Lalu bagaimana cara kita dapat memaksimalkan media sosial sehingga bisa menghasilkan cuan seperti Diego?

“Menjadi diri sendiri saja, karena di dunia ini pribadi kita cuma ada satu. Cari the best version of your self. Share your interest," kata Diego meyakinkan.

 

4 dari 5 halaman

Pengalaman

Berdasarkan pengalamannya, dengan menjadi diri sendiri banyak yang merasa terhibur ketika posting tentang liburan misalnya, seolah-olah membawa followers sedang liburan online bersama kita.

"Kita posting semua yang mata kita suka dan biarkan orang melihat dari kacamata kita, cara kita melihat dunia dan bagaimana kita bercerita ke orang-orang. Tanpa kita sadari, kita menjadi role model buat mereka juga. Setelah itu nanti lambat laun brand-brand akan melirik kita,” cerita Diego berbagi tips.

Dalam kesempatan yang sama, Willy Apriando, Head of Marketing Kredit Pintar, menanggapi positif hal itu. Ia mengatakan sesuatu yang genuine, yang tidak dibuat-buat, dan relate dengan cerita keseharian di kehidupan nyata, lebih disukai karena relevan.

"Diego Bersama management talent miliknya disukai banyak orang karena hal-hal seperti itu,” imbuhnya.

 

5 dari 5 halaman

Bisnis

Sebagai milenial yang sukses membangun bisnis di industri kreatif tentu bukan perkara mudah bagi Diego untuk me-manage keuangan. Untuk itu ia sangat mengapresiasi adanya platform teknologi keuangan seperti Kredit Pintar.

Platform penyedia layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dengan peringkat kepuasan konsumen sebesar 4,4 bintang di Google Play ini dinilai Diego sangat membantu kelancaran bisnisnya.

"Sangat-sangat membantu untuk para milenial dan Gen Z yang banyak terhambat bisnisnya karena modal dan unsur finansial lainnya. Solusi tepat karena selain aman juga sudah banyak dikenal orang,” ujarnya.

Willy Apriando menambahkan Kredit Pintar tidak hanya dapat digunakan untuk konsumsi namun juga sebagai solusi pinjaman produktif, seperti online shop, UMKM.

"Atau misalkan Anda baru akan memulai untuk membenahi socmed lalu membutuhkan equipment pendukung seperti camera, laptop, lighting, dan lain-lain, platform kami dapat menjadi solusi dalam menjawab kebutuhan-kebutuhan tersebut,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini