Sukses

Munif Bahasuan, Musikus dan Komposer Legendaris Meninggal Dunia Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Berita duka datang dari salah satu tokoh musik Tanah Air, Munif Bahasuan. Kabar sang musikus meninggal dunia ini disampaikan lewat pesan teks yang diterima Showbiz Liputan6.com, Rabu (8/12/2021) dari Stanley Tulung, pengamat musik.

"Telah Berpulang Ke RAHMATTULLAH: AL AM AL MUHTAROM H.MUNIF b ABDULLAH b MUHAMAD BAHASWAN ( Musikus /Penyanyi / pencipta lagu)," begitu isinya.

Disebutkan pula rumah duka mendiang Munif Bahasuan yang terletak di Jalan Semboja, Harmoni, Jakarta Pusat.

"Mohon Almarhum dapat dimaafkan apabila semasa hidupnya mempunyai kesalahan / kekhilafan.. dan Semoga pula alm min Ahlil Husnul Khotimah. Amin...," tutup kabar duka ini.

 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pencipta Lagu

Munif Bahasuan seorang penyanyi gambus dan musik Melayu dari era 1950-an, diwartakan Antara.

Ia juga pendiri Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI), dan pencipta sejumlah lagu legendaris seperti "Ratapan Anak Tiri" dan "Rekayasa Cinta" yang dipopulerkan Camelia Malik.

Lagu yang disebut terakhir, memberikannya piala Anugerah Dangdut TPI 2002.

"Beliau salah satu tokoh musik Melayu era awal. Dia yg mengangkat Ellya Khadam," tambah Stanley Tulung.

 

3 dari 4 halaman

Penggagas Dangdut

Dalam blognya, mendiang Denny Sakrie pernah menyebut Munif sebagai salah satu tokoh penggagas dangdut. Pengamat musik ini juga mencatat bahwa Munif merupakan penyanyi gambus yang terampil membawakan lirik berbahasa Arab. 

Munif juga ikut rombongan The Lensoist yang dibentuk Presiden Soekarno bersama nama-nama tenar seperti Bing Slamet, Idris Sardi, Titiek Puspa, Nien Lesmana, Jack Lesmana, dan lainnya. The Lensoist sempat melakukan tur ke Eropa dan Amerika Serikat bersama Sang Presiden.

"Pak Munif adalah satu dari sedikit penyanyi kita yang mampu nyanyi Jazz, Rock n' Roll, Pop, Gambus, India, Arab, Gambus Melayu, Jazz sama baiknya," kata Stanley Tulung yang mengaku dekat dengan almarhum.

4 dari 4 halaman

Aktif di Usia Senja

Dalam usia senja, Munif Bahasuan masih cukup aktif berkecimpung di dunia musik. Tahun 2007, ia ditunjuk sebagai Ketua Umum Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI), menggantikan musisi Rinto Harahap yang menderita sakit stroke. Kala itu, usianya 71 tahun. 

Selamat jalan, Munif Bahasuan. Selamat jalan sang legenda. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS