Sukses

Selebgram Zata Ligouw Berbagi Pengalaman di #StandUp4Moms

Liputan6.com, Jakarta Seorang ibu memiliki peran yang sangat esensial dalam dinamika keluarga, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini. Bayangkan saja, seorang ibu harus memiliki multi peran dan menjadi serba bisa. Hal itu pula yang dialami oleh selebgram Zata Ligouw. Ibu tiga anak ini mengakui begitu besar peranan seorang ibu di masa pandemi saat ini. 

“Bayangkan, setelah pandemi seperti sekarang peran ibu bertambah lagi. Salah satunya sebagai guru di rumah. Anak-anak kan sekolah online,” ujar Zata Ligouw kepada Liputan6.com, baru-baru ini.

Tak hanya itu saja, wanita yang juga berprofesi sebagai Personal Branding ini mengakui peran seorang ibu bisa menjadi orang lain kepada anak-anak. Seperti yang dialaminya di mana dirinya bisa menjadi beberapa pihak dalam mengurus anak.

“Pengalaman saya pribadi ya tugas ibu jadi dobel-dobel, ya jadi guru, jadi pencari nafkah tambahan, jadi psikolog keluarga sampai jadi manager yang harus pintar-pintar mengatur keluarga agar semua bisa mengatasi masa pandemi ini dan beradaptasi,” ujar Zata.

 

 

2 dari 4 halaman

Bangga

Zata juga mengaku bangga karena sosok ibu di masa pandemi. Tak salah bila akhirnya dirinya ikut berperan serta dalam kegiatan #StandUp4Moms. 

“Saat ini peran ibu lebih menantang. Ibu harus kuat tidak hanya untuk dirinya sendiri, anak-anak, suami, keluarga, tapi juga untuk mendukung ibu lainnya,” katanya.

 

3 dari 4 halaman

Fungsi

Peran ibu memang menjadi sosok yang memungkinkan fungsi keluarga bisa terus berprogres. Sampai akhirnya ada komunitas Mothers on Mission (MoM) merupakan sebuah social enterprise yang hadir untuk memberikan lingkungan yang kondusif dan mendukung bagi para ibu yang ingin terus bisa produktif dan mencapai aspirasi serta impiannya tanpa meninggalkan rutinitasnya dalam mengurus rumah tangga.  

Tahun ini MoM merayakan ulang tahunnya yang keempat dan menghadirkan gerakan #StandUp4Moms. Gerakan yang hadir untuk mendukung para ibu untuk dapat terus bersemangat meski dihadapkan dengan berbagai tantangan selama masa pandemi.

“Lingkungan pendukung yang kondusif memainkan peran yang semakin krusial untuk mendapatkan dukungan dari sesama ibu untuk saling membantu. Di situasi ini, kami melihat komunitas Ibu dapat menjadi wadah untuk saling menguatkan, yang mana mereka menghadapi beragam tantangan serupa,” ujar Widya Safitri, CEO Mothers on Mission (MoM) dan MoM Academy (MoMA) dalam sebuah diskusi belum lama ini.

“Untuk itulah, Mothers on Mission (MoM) dan komunitasnya MoM Academy (MoMA), mendorong perempuan untuk tetap berkarya meskipun dari rumah, meluncurkan sebuah movement yaitu #Standup4Moms untuk merayakan peran penting yang dimiliki Ibu agar para Ibu saling memberikan dukungan, menebarkan semangat dan menginspirasi satu sama lain untuk bisa kuat dan menjadi Ibu yang terbaik bagi diri dan keluarganya,” tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Berjuang

#Standup4Moms didedikasikan untuk seluruh ibu di Indonesia yang terus berjuang dan berkarya dengan semangat meski di tengah situasi pandemi. Kegiatan selebrasi yang dihadirkan melalui MomFest 2021 akan memberikan apresiasi bagi para MoM Heroes yang tak pernah lelah berjuang untuk keluarga serta memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya lewat 9 kategori penghargaan di bidang: environment, woman empowerment, family education, women and children rights, economy, social, technology and innovation dan family health. 

Selain itu, juga menghadirkan sesi Panel Discussion dari perempuan hebat di bidangnya seperti Putri Noor Shaqina selaku Co Founder Woobiz, Davrina Rianda selaku Founder Lab Pintar, Monique Hardjoko selaku Founder Rasa Wastra Indonesia, Irma Sustika selaku Founder Womanpreneur Community, dan Muri Handayani selaku Founder Sekolah Bisnis Online yang mengangkat tema Tantangan dan Multi Peran Ibu di Masa Pandemi.