Sukses

Soal Video Syur Mirip Gisel, Pakar Telematika: 74 Persen Identik

Liputan6.com, Jakarta - Kasus penyebaran video syur mirip artis Gisel terus diselidiki kepolisian. Hingga kini, polisi masih mengerahkan sejumlah saksi dan meminta bantuan ahli forensik untuk meneliti video syur mirip Gisel yang sempat membuat heboh masyarakat.

Polisi juga menjelaskan tingkat kesulitan yang dihadapi ahli forensik wajah saat meneliti pemeran video syur mirip Gisel. Salah satu kesulitannya, karena video tersebut dibuat menggunakan ponsel dengan resolusi rendah. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, rekaman video syur mirip Gisel yang tersebar di media sosial merupakan daur ulang dari rekaman aslinya sehingga resolusinya menjadi lebih rendah.

2 dari 5 halaman

Masih Menunggu Hasil Analisis

Yusri Yunus juga menerangkan, kepolisian masih menunggu analisis dari tim forensik untuk mengetahui sosok wanita yang beradegan syur dengan laki-laki di video tersebut.

"Kita sedang menunggu (hasil forensik) mudah-mudahan secepatnya," ujar dia.

 

3 dari 5 halaman

Pendapat Pakar Telematika

Pakar telematika Roy Suryo mengungkap fakta mengenai hasil analisisnya terhadap pemeran perempuan di video syur mirip Gisel. Ia menilai, ada kemiripan pemeran perempuan di video syur dengan wajah Gisel.

Roy Suryo mengungkapkan hal tersebut melalui video di saluran YouTube SCTV berjudul Rasa Was Was Gisella Anastasia - Status Selebritis, yang tayang 30 November 2020.

4 dari 5 halaman

Identik dengan Gisel

"Saya tetap mengedepankan asas praduga tidak bersalah, sampai detik ini. Artinya apa yang saya sampaikan sesuai dengan hasil fakta, sesuai dengan hasil ilmiah, scientist. Ya itu adalah 74 persen, itu adalah identik," beber Roy Suryo menjelaskan hasil analisis video syur mirip artis Gisel.

5 dari 5 halaman

Bisa Dibuktikan

Sebagai pembuktian, kata Roy Suryo, polisi harus bisa menangkap penyebar utama video syur mirip Gisel.

"Jadi siapa yang melakukan retaking, ketahuan metadata aslinya kapan video itu, dimana beredarnya, bulan tahun, jamnya juga muncul. Kita akan bisa membandingkan dengan artis GA pada tanggal, bulan jam, tahun yang sama," dia melanjutkan.