Sukses

Film Pengkhianatan G30S/PKI Kini Bisa Ditonton di Vidio

Liputan6.com, Jakarta Film Pengkhianatan G30S/PKI (1984) seolah jadi tontonan yang tak boleh dilewatkan masyarakat Indonesia. Hingga lebih dari tiga dekade berselang, film karya  Arifin C. Noer ini dibicarakan kembali. Termasuk soal kejadian di tanggal 30 September 55 tahun lalu, di mana peristiwa berdarah, yakni penculikan dan pembunuhan para jenderal Angkatan Darat itu terjadi.

Di era Orde Baru, film Pengkhianatan G30S/PKI wajib tayang tiap 30 September. Dan, belakangan film layar lebar produksi Perum Perusahaan Film Nasional (PPFN) yang dibiayai oleh pemerintahan Soeharto itu menimbulkan pro dan kontra. Ada yang menganggap film tersebut alat propaganda rezim yang berkuasa kala itu.

Namun, terlepas dari isu politik, film ini adalah sebuah karya seni yang dikerjakan dengan serius. Nama-mana besar di perfilman Indonesia bergabung dalam produksi film ini. 

Beberapa waktu lalu, SCTV sempat menayangkan film Pengkhianatan G30S/PKI yang dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Syubah Asa itu. Mendapat respon positif dari penonton, film legendaris tersebut kini juga hadir di platform streaming Vidio.

2 dari 3 halaman

Tentang Film Pengkhianatan G30S/PKI

Film Pengkhianatan G30S/PKI sendiri dibuat berdasarkan pada versi peristiwa kudeta yang diakui oleh pemerintah Orde Baru Soeharto, di mana kudeta Gerakan 30 September didalangi oleh Partai Komunis Indonesia atau PKI. 

Mengisahkan tentang peristiwa yang terjadi pada malam 30 September dan dini hari 1 Oktober 1965 di Jakarta. Pada malam dan pagi hari itu, terjadi pergolakan politik di Indonesia yang kemudian berujung pada pergantian rezim pemerintahan, dari Sukarno ke Soeharto.

Selama 220 menit, penonton akan disuguhkan kesan yang begitu mendalam, ketegangan, musik yang mencekam. Sang sutradara, Arifin C. Noer juga sukses meracik film ini dengan mengarakan para pemain untuk menunjukkan ketegasan, kesedihan, kemarahan, dan kesadisan.

Arifin C. Noer juga mampu menampilkan film secara detail. Mulai dari latar tempat yang berpindah-pindah dari Istana Bogor dan ke rapat-rapat gelap PKI, ke rumah para jenderal yang diculik, lalu ke Lubang Buaya. Ia juga menyelipkan suasana hidup susah di tahun 1960-an seperti gambaran rakyat antri beras.

Nah, bagi yang ingin belum pernah atau ingin menyaksikan ulang film Pengkhianatan G30S/PKI bisa langsung nonton di platform streaming Vidio.

Jangan lupa juga untuk download aplikasi Vidio dan berlangganan paket Vidio Premier supaya bisa nonton film lokal, Hollywood, drama Korea, dan tayangan olahraga favorit lainnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini