Sukses

Rossa Butuh 5 Jam Rekaman Lagu Hati yang Kau Sakiti Versi Korea

Liputan6.com, Jakarta - Rossa meluncurkan single baru "Sangcheo Badeun Maeum" yang merupakan versi Korea dari lagu "Hati yang Kau Sakiti". Ini merupakan kali pertama Rossa men-translate lagunya ke bahasa asing dan dirilis secara resmi.

Tentu tak mudah bagi Rossa menyanyikan lagu dalam bahasa Korea. Penyanyi berusia 41 tahun ini butuh berlatih keras agar bisa melafalkan lirik lagunya dengan baik dan benar.

"Bacanya juga susah jadi memang ada perbedaan kadang 'El, kadang 'Er'. Itu cukup sulit," ujar Rossa dalam telekonferensi via Zoom, Jumat (14/8/2020).

Proses rekaman "Sangcheo Badeun Maeum" juga sangat panjang dan tidak mudah. Ia membutuhkan waktu take vocal yang lebih lama dari biasanya.

2 dari 5 halaman

Lama

"Waktu take lama. Biasa take vokal 1 atau 2 jam selesai, kemarin sampai 5 jam. Ini take vocal paling lama karena dalam bahasa Indonesia biasanya rekaman satu jam sudah selesai," terangnya.

"Tapi saat rekaman saya dibantu menjaga pronounce-nya supaya benar. Karena saya ingin menjaga setiap kata yang saya ucapkan supaya betul," sambungnya. 

3 dari 5 halaman

Harapan

Sejauh ini, respons masyarakat terhadap "Sangcheo Badeun Maeum" sangat positif. Ia pun memiliki harapan besar dari peluncuran single ini.

"Mudah-mudahan bisa terjemahkan lagu lain. Semoga lagu ini dicintai sama penikmat musik dan bisa tenar di internasional. Semoga dengan musik kita bisa bersatu," kata ibu satu anak itu.

4 dari 5 halaman

Original Korea

Ke depannya, Rossa juga bakal merilis lagu original Korea di bawah naungan SM Entertainment Indonesia. "Semoga single saya dengan bahasa korea bersama SM Entertaiment bisa rillis tahun depan. Itu lagu original Korea," ucapnya.

5 dari 5 halaman

Tertunda

Sebenarnya, Rossa memang sudah memiliki proyek musik bersama SM Entertainment Indonesia. Namun sayangnya hal itu harus tertunda.

"Saya juga berterima kasih pada SM Indonesia yang membantu saya, karena harusnya kita tahun ini sudah buat beberapa proyek tapi karena Corona jadi harus ter-pending," Rossa mengakhiri.

  • Rossa adalah penyanyi professional asal Indonesia yang merupakan mantan istri dari Yoyo "Padi"
    Rossa adalah penyanyi professional asal Indonesia yang merupakan mantan istri dari Yoyo "Padi"
    Rossa