Sukses

Satria Dewa Gatotkaca Syuting di Yogyakarta, Sri Sultan HB X Wanti-Wanti Soal Ini

Hanung Bramantyo menjelaskan bahwa persiapan penggarapan Satria Dewa Gatotkaca sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Syuting film Satria Dewa Gatotkaca akhirnya dimulai juga. Syuting di tengah kasus Corona Covid-19 yang masih mewabah di Tanah Air, membawa tantangan tersendiri untuk sang sutradara, Hanung Bramantyo. 

Dalam jumpa pers Satria Dewa Gatotkaca yang digelar secara virtual, Kamis (13/8/2020), Hanung Bramantyo menjelaskan bahwa persiapan penggarapan film ini sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu. Lokasi syuting Satria Dewa Gatotkaca ada di dua kota, yaitu Jakarta dan Semarang.

"Kita menciptakan kota Astina karena keluarga Pandawa itu tinggal di kota Astina dan memang itu bukan kota besar seperti Jakarta," kata Hanung Bramantyo.

Ia menambahkan, "Kami ciptakan Astina itu dengan geografis seperti Kota Lama Semarang. Awalnya begitu konsepnya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mendadak Zona Merah

Hanung Bramantyo bahkan sudah kulo nuwun dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. "Bahkan saya berusaha melakukan silahturahmi dengan Gubernur Jawa Tengah, Pak Ganjar. Dia berikan support," tuturnya. 

Sayang, rencana terpaksa diubah karena penyebaran Corona Covid-19.

"Terus seminggu setelah mediasi tiba-tiba Jawa Tengah masuk zona merah," ujar Hanung.

3 dari 5 halaman

Ke Yogyakarta

Akhirnya Hanung pun memindahkan lokasi pengambilan gambar di Yogyakarta. Alasannya, ingin mendekatkan semangat dari kisah pewayangan di daerahnya langsung. Apalagi, saat itu kasus Covid-19 di Yogyakarta terbilang rendah. 

"Kemudian kami berusaha tetap keep di Jogja dan mengubah kreatif dalam satu kota," terang suami Zaskia Adya Mecca itu.

4 dari 5 halaman

Ubah Lokasi

Hanung dan tim Satria Dewa Gatotkaca kemudian juga meminta izin kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X  untuk melakukan proses syuting di wilayahnya. Niat ini langsung disambut dengan baik.

Namun Sri Sultan menekankan satu hal.

"Beliau memberikan wanti-wanti untuk hindari kegiatan kolosal. Nah dari itu kita berpikir kita mengubah lokasi yang tadinya di tengah kota, bubar langsung pindah ke gunung, ke hutan. Social distance kita lakukan tidak hanya kru tapi juga lokasi," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Tayang 2021

Film Satria Dewa Gatotkaca dibintangi oleh Rizky Nazar, Sigi Wimala, Yasmin Napper, Omar Daniel, Jerome Kurnia, Edward Akbar, Yayan Ruhiyan, Cecep Arif Rahman, hingga Yati Surachman. Film ini rencananya akan tayang pada tahun 2021 mendatang.

(Antaranews.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.