Sukses

Profil Oscar Lawalata, Desainer yang Pilih Gender sebagai Wanita

Oscar Lawalata dikenal sebagai perancang busana ternama di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Oscar Lawalata membawa kabar mengejutkan. Desainer ternama Indonesia ini memutuskan untuk memilih identitas gender sebagai wanita. Tentunya, bukan keputusan mudah bagi kakak kandung aktor Mario Lawalata ini.

Keputusan Oscar Lawalata mengubah gender menjadi perempuan pertama kali diutarakan kepada sang ibunda, Reggy Lawalata.

Butuh waktu yang sangat lama bagi Reggy Lawalata untuk menerima kondisi anaknya yang berbeda. Mereka sempat terlibat pembicaraan panjang untuk menerima keputusan gender Oscar Lawalata.

"Bisa menerima kondisi Oscar itu lima atau enam tahun. Saya dan Oscar bicara dari hati ke hati dan saya harus menentukan," kata Reggy Lawalata, melalui saluran YouTube-nya, The Lawalatas, yang diunggah pada 5 Agustus 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terlahir Sebagai Pria

Oscar Lawalata atau yang bernama lengkap Oscar Septianus Lawalata adalah perancang busana ternama kelahiran Riau 1 September 1977. Ia adalah anak laki-laki pertama dari pasangan Reggy Lawalata dan Alexander Polii.

 

3 dari 5 halaman

Kakak Mario Lawalata

Adik Oscar Lawalata adalah Mario Lawalata. Keduanya berkiprah di industri entertainment Indonesia. Bedanya, Oscar Lawalata berkecimpung di dunia fashion dan lifestyle, sementara Mario Lawalata berkiprah di panggung akting dan model.

4 dari 5 halaman

Gagal Masuk ITB

Dilansir Kapanlagi, Oscar Lawalata pernah menjadi model, namun kemudian ia memutuskan untuk tak meneruskan kegiatan tersebut. Selepas SMA, ia gagal dalam tes untuk masuk Institut Teknologi Bandung. Ia pun melanjutkan sekolahnya di Esmod, sekolah mode franchise dari Prancis. 

5 dari 5 halaman

Titi DJ Klien Pertama

Oscar Lawalata memulai kariernya sebagai perancang busana ketika ia gagal mendapat beasiswa untuk melanjutkan sekolahnya di Esmod. Ia pun membuka usaha butik kecil yang berlokasi di garasi rumahnya dengan berbekal dua mesin jahit.

Dengan diajari oleh seorang penjahit,ia belajar untuk mereka-reka membuat pola untuk menjahit. Titi DJ adalah orang pertama yang mempercayakan Oscar Lawalata untuk menjahit dan mendesain baju untuknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.