Sukses

Kanye West Resmi Maju Jadi Kandidat Capres AS Bersama Birthday Party

Sebelumnya Kanye West diisukan mundur dari pemilihan bakal calon Presiden AS.

Liputan6.com, Los Angeles - Tekad Kanye West untuk menggenggam posisi orang nomor satu di Amerika Serikat tampaknya sudah bulat. Diwartakan US Magazine, Kamis (16/7/2020), Kanye West secara resmi mendaftarkan diri dalam persaingan sebagai kandidat calon Presiden AS dari wilayah pemilihan Oklahoma.

Pendaftaran Kanye West dilakukan pada Rabu (15/7/2020) kemarin, yang merupakan hari terakhir untuk kandidat independen di wilayah ini.

Kanye West kini tengah berada di Republik Dominika bersama keluarganya. Yang mengajukan pendaftaran dokumen awal adalah perwakilannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Birthday Party

Perwakilan Kanye West menyerahkan dokumen pendaftaran, yang menyebut bahwa partai pengusungnya adalah BDY.

Dilansir dari USA Today, pada 8 Juli lalu Kanye West mengatakan dalam wawancara bersama Forbes, bahwa BDY bermakna sebagai Birthday. Artinya, ia melakukan pelesetan kata dari makna Birthday Party, yakni antara Partai Ulang Tahun atau Pesta Ulang Tahun.

Perwakilan Kanye West juga menyerahkan uang pendaftaran sebesar US$ 35 ribu, atau sekitar setengah miliar rupiah.

3 dari 5 halaman

Dokumen Lanjutan

TMZ melaporkan bahwa ia masih harus memasukkan dokumen penting lain untuk terus maju. Yakni Surat Pernyataan Kandidat, yang berisi bahwa ia telah mengumpulkan dana atau menghabiskan lebih dari US$ 5 ribu untuk aktivitas kampanye.

4 dari 5 halaman

Isu Mundur

Sementara itu, baru-baru ini Kanye West dikabarkan mundur dari bursa pemilihan kandidat calon Presiden AS. Isu ini muncul karena pernyataan penasihatnya, Steve Kramer. Ia direkrut Kanye West untuk memastikan suami Kim Kardashian ini berhasil mengumpulkan tanda tangan di dua negara bagian Florida dan Carolina Selatan.

"Aku akan memberitahumu apa yang aku tahu, setelah semua hal kami dibatalkan," ujar Steve Kramer. 

5 dari 5 halaman

Dipandang Sinis

Majunya Kanye West di panggung politik juga sempat dipandang sinis oleh sebagian kalangan. Ada yang menganggap hal ini dilakukan demi publisitas semata. Anggapan ini dibantah oleh seorang sumber yang dekat dengan Kanye West. 

"Ia benar-benar percaya bisa membuat negara ini lebih baik. Sentimen ini bukan untuk publisitas. Dia benar-benar percaya itu," tutur sumber ini kepada US Magazine. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.