Sukses

Boy William Soal Adiknya Meninggal Duluan: Saya Tak Pernah Salahkan Tuhan

Salah satu pengalaman pahit Boy William tahun lalu, saat adiknya, Raymond Hartono meninggal dunia. Bagaimana cara Boy William bangkit?

Liputan6.com, Jakarta September 2019 menjadi bulan tak terlupakan bagi Boy William. Adiknya, Raymond Hartanto meninggal dunia. Boy William tak menjelaskan detail penyebab meninggalnya sang adik namun tergambar jelas duka yang dirasakannya.

Mengenang Raymond Hartanto, Boy William berbagi cerita di kanal YouTube Daniel Mananta Network. Ia buka kartu dalam video bertajuk “Cara Boy William melewati kesedihan setelah kepergian adiknya” yang dipublikasikan pada Kamis (11/6/2020).

“Lo tahu orang akan mati. Lo melihat banyak kecelakaan di berita, lo baca beginian di koran, lo nonton di TV, lo lihat di film. Tapi lo enggak pernah berpikir bahwa itu bisa terjadi sama lo,” cetus Boy William membahas kepergian adiknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sedih, Bingung, dan Marah

Boy William ingat betul, kali pertama mendengar kabar adiknya meninggal dunia, ia syok berat, diam, dan tak tahu harus berbuat apa. Bahkan, untuk mengekspresikan kesedihan pun ia bingung.

“Sedih banget, bingung banget, marah juga dan enggak tahu emosi mana yang harus gue kelola duluan,” beri tahu aktor kelahiran Jakarta, 17 Oktober 1991.

3 dari 5 halaman

Sejenak Kehilangan Pegangan

Kehilangan yang mendadak membuat Boy William sejenak seperti kehilangan pegangan. Untungnya, bintang film Di Balik 98 dan Dimsum Martabak tak sampai mempertanyakan keadilan Tuhan.

“Gue enggak pernah menyalahkan Tuhan karena kehilangan adik, cuma gue bertanya kenapa ini harus terjadi? Gue tahu semua orang akan mati, tapi kenapa harus sekarang?” ia mengingat.

4 dari 5 halaman

Mengapa Dipanggil Duluan?

Kala itu, Boy William belum mendapat jawaban mengapa adiknya dipanggil duluan. Untuk menemukan jawaban ini bukan perkara mudah. Apalagi, setelah kejadian itu, istri Raymond Hartono menjalani kehidupan normal, anaknya terlihat bahagia, dan rumah tangga berjalan mulus.

“Gue enggak bisa bilang memang ini harus terjadi, semua sekarang bahagia di rumah, enggak bisa begitu. Enggak akan baik-baik saja tapi perlahan akan membaik,” ia menyambung. Pertanyaan mengapa ini harus terjadi berkali muncul di benak Boy William. Lalu, ia menemukan titik terang.

5 dari 5 halaman

Diwisuda Dari Kehidupan

“Dia telah diwisuda duluan, seperti yang gue bilang, gue belum dipanggil Tuhan karena gue belum dekat sama Tuhan. Mungkin dia dipanggil duluan karena dia lebih pintar, dia hidupnya lebih layak untuk diwisuda Tuhan,” beri tahu Boy William. Pada akhirnya, setiap manusia akan lulus dari kehidupan fana.

Pola pikir positif membuat Boy lebih kuat menghadapi kehilangan. “Ini membantu jika kita terus mempunyai pola pikir yang positif. Kini sangat membantu. Duka akan menghilang ketika kita percaya bahwa ia telah merayakan kelulusannya dari kehidupan,” ia menyimpulkan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.