Sukses

Lagu Kekeyi Di-Take Down YouTube, Dodit Mulyanto Ungkap Rasa Kasihan

YouTube melakukan take down terhadap lagu Kekeyi berjudul "Keke Bukan Boneka".

Liputan6.com, Jakarta - Lagu Kekeyi yang berjudul "Keke Bukan Boneka" mendadak hilang di laman trending YouTube. Sebelumnya, lagu Kekeyi tersebut selalu bercokol di puncak trending selama beberapa hari terakhir.

Bahkan lagu Kekeyi itu mengalahkan kepopuleran lagu dari Lady Gaga dan Blackpink. Belakangan diketahui bahwa YouTube melakukan take down terhadap lagu Kekeyi.

Alasannya adalah karena lagu Kekeyi itu dianggap melanggar hak cipta atas lagu dari Rinni Wulandari yang berjudul "Aku Bukan Boneka". Hal itu pun langsung menuai banyak perdebatan di berbagai kalangan.

Salah satu yang juga turut membahas masalah ini adalah Dodit Mulyanto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Semirip Apa?

Melalui unggahan di Twitter, Dodit Mulyanto mempertanyakan kemiripan antara lagu Kekeyi dan lagu Rinni Wulandari.

"Semirip apa sih? Emang sampai ada bagian “Rini bukan boneka plok plok....plok!! Plok plok....plok” Ada juga?? (titik-titik itu kasih jeda tempo ya)," tanya Dodit Mulyanto pada Kamis (4/6/2020).

 

3 dari 5 halaman

Kasihan

Di unggahan lainnya, Dodit Mulyanto mengungkapkan bahwa ia merasa kasihan terhadap Kekeyi.

"Mesakne Kekeyi (kasihan Kekeyi)," tulisnya singkat.

 

4 dari 5 halaman

Tanggapan Rinni Wulandari

Sementara itu, Rinni Wulandari sebagai penyani yang membawakan lagu asli "Aku Bukan Boneka" pun telah menyampaikan tanggapannya. Rinni Wulandari mengatakan bahwa hal tersebut adalah keputusan label Rinni Wulandari kala itu bernaung, yaitu Sony Music Indonesia.

"Semua adalah keputusan label @sonymusicid @novi_umar81 selaku pemilik hak cipta dari Aku Bukan Boneka, yang mana Sony Music sekarang bukan lagi label aku," tulis Rinni Wulandari di Instagram-nya.

 

5 dari 5 halaman

Penyanyi Asli

Sementara itu, namanya yang tertulis itu adalah karena Rinni Wulandari lah yang menyanyikan karya tersebut.

"Kenapa ada tulisan "Copyright claim by Rini Idol - Aku Bukan Boneka"? Nah, video yang kena takedown sama Youtube selalu mencatut judul lagu dan penyanyi aslinya. Jadi nama aku beserta judul lagunya tercantum disitu," tulis Rini Wulandari lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini