Sukses

Ruben Onsu Bingung Miliki 6.500 Karyawan, Curhatan Sarwendah Bikin Mewek

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit pengusaha yang kesusahan dengan kondisi pandemi Corona Covid-19, tak terkecuali Ruben Onsu. Saat ini Ruben Onsu memiliki 6.500 karyawan untuk bisnis kulinernya.

Pandemi Corona Covid-19, membuat wajah Ruben Onsu selalu terlihat muram. Hal itu jadi perhatian tersendiri bagi sang istri, Sarwendah.

Sarwendah pun menyarankan agar Ruben Onsu tak selalu mendengarkan kabar mengenai wabah tersebut dan keluar dari beberapa grup WhatsApp.

Melalui kanal YouTube, Minggu (12/4/2020), Sarwendah pun mencurahkan perasaannya mengenai perjuangan sang suami dengan judul "Coretan Sarwendah - Begini Sebenarnya Keluarga KAMI Saat Ini".

2 dari 8 halaman

Bingung

Saat ini, usaha Ruben Onsu mengalami kemunduran. Namun, ia tak mau melakukan pemecatan kepada karyawan-karyawannya.

"Bagaimana ya kapalku bisa berjalan? Awak kapal yang ikut aku 6500 karyawan saat ini kenapa Tuhan kasih tangan aku cuman 2 ya?" cerita Ruben Onsu kepada sang istri.

3 dari 8 halaman

Campur Aduk

Dalam coretannya, Sarwendah menjelaskan kondisi sang suami. "Di saat ini kondisi pikiran suami saya sudah bisa dibilang campur aduk..," lanjutnya.

4 dari 8 halaman

Tak Ingin Memecat Karyawan

Ruben Onsu ingin bisa melakukan sesuatu untuk banyak orang, meski ia sering kali mendapat cibiran. Namun, ia tak mau ambil pusing.

Suami Sarwendah ini justru memikirkan karyawannya. Ia tak mau karyawannya kehilangan pekerjaan.

"Aku pusing dan kepikiran lalu gak bisa adalah melihat pengangguran akan semakin banyak...," sambungnya.

 

5 dari 8 halaman

Kejahatan Meningkat

Dengan banyaknya pengangguran, Ruben Onsu takut tingkat kejahatan semakin tinggi. Sarwendah yang mendengar ucapan sang suami hanya bisa terdiam.

"Di situ saya tidak bisa berbicara apa-apa lagi. Pikirannya panjang sekali..," begitu pikiran kagum Sarwendah terhadap Ruben Onsu.

6 dari 8 halaman

Kasihan

Sebagai istri, Sarwendah kagum dengan Ruben Onsu yang tak pernah memikirkan perut sendiri tapi juga sekelilingnya.

"Ada 2 sudut pandang dari sini :1. Bersyukur memiliki suami yang bijak dan tanggung jawab2. Aku kasihan melihat suamiku terus-terusan, ada saja pikirannya yang tak selesai-selesai," tuturnya.

 

7 dari 8 halaman

Jualan Online

Tanpa malu, Ruben Onsu memutuskan untuk tetap menjalankan bisnis kulinernya. Tapi kali ini melalui online.

"Kenapa online? Ya itu satu-satu nya cara aku menyelamatkan usahaku dan karyawanku," ucap Ruben kepada sang istri.

 

8 dari 8 halaman

Promosi Meski Perut Kenyang

Perjuangan Ruben Onsu untuk menyelamatkan karyawan dan usahanya begitu keras. Hingga saat kondisi kenyang ia tetap mempromosikan usahanya.

"Dan aku melihat perut nya udah kenyang sekali tapi dia tetap buat IGTV untuk mempromosikan produknya. Dengan senyumnya kalau saya liatin dia hanya bilang, 'Doakan Doakan dong bun please," paparnya.