Sukses

Onward Merajai Tangga Box Office di Tengah Wabah Virus Corona, Paling Ambyar Dibandingkan Film Pixar Lain

Liputan6.com, Jakarta Awal pekan saatnya kami perbarui informasi dari tangga box office. Dari tangga box office Amerika Serikat, dilaporkan film Onward rilisan Walt Disney Pixar memimpin dengan pendapatan 10,5 juta dolar AS (147 miliar rupiah).

Sudah dua minggu Onward bertahta di puncak box office. Sayangnya, pendapatan domestik film yang diperkuat Chris Pratt dan Tom Holland ini belum juga tembus 100 juta dolar AS.

Dua minggu beredar, pendapatan kotor Onward baru sampai di level 60,5 juta dolar AS (847 miliar rupiah). Sementara dari peredaran internasional, di luar AS dan Kanada, Onward mengeruk 41 juta dolar AS (574 miliar rupiah).

2 dari 5 halaman

Dampak Wabah Virus Corona

Total pendapatan Onward, hingga artikel ini disusun, baru 101 juta dolar AS (sekitar 1,41 triliun rupiah). Forbes melaporkan, pada akhir pekan pertama penayangan, Onward hanya mengais 39 juta dolar AS (546 miliar rupiah).

Pendapatan Onward ini susut dari prediksi semula, yakni 40 hingga 45 juta dolar AS. Wabah virus Corona (Covid 19) diduga sebagai biang keladi ambyarnya tangga box office dunia.

3 dari 5 halaman

Ada Faktor Pemicu

“Ya, film petualangan fantasi Chris Pratt/ Tom Holland membukukan pendapatan awal pekan terendah. Dengan segala hormat, Toy Story (1995), A Bug’s Life (1998), dan The Good Dinosaur (2015) masing-masing membukukan 29, 33, dan 39,2 juta dolar AS,” terang Scott Mendelson lewat artikel yang dipublikasikan Forbes pada (9/3/2020) lalu.

Scott menambahkan, “Jika bukan virus Corona yang dipersalahkan, paling tidak untuk peredaran di kawasan Amerika Utara, lalu apa penyebabnya? Yang jelas ada banyak faktor pemicu yang membuat performa box office pekan ini memprihatinkan.”

4 dari 5 halaman

Bloodshot Membuka Tiga Besar

Merespons wabah virus Corona, sejumlah film kandidat box office memilih mundur. Mereka antara lain No Time To Die, Mulan, Fast and Furious 9, Petter Rabbit: The Runaway, dan A Quiet Place Part 2. Bukan berarti pekan ini tak ada film anyar sama sekali.

Ada tiga pendatang baru pekan ini yakni Bloodshot, I Still Believe, dan The Hunt. Bloodshot yang dibintangi Vin Diesel bertengger membuka tiga besar dengan pendapatan 9,3 juta dolar AS (130,2 miliar rupiah). 

5 dari 5 halaman

I Still Believe Peringkat Kedua

Ia membayangi I Still Believe yang berada di posisi runner-up dengan uang sebanyak 9.5 juta dolar AS (133 miliar rupiah). Sementara itu, The Hunt harus puas bertengger di peringkat ke-5. Film horor yang dibintangi aktris peraih 2 Piala Oscar, Hillary Swank, ini meraih uang 5,3 juta dolar AS (74 miliar rupiah).

The Hunt gagal melampaui The Invisible Man yang sudah 3 minggu menghuni tangga box office. Pekan lalu, The Invisible Man meraup 6 juta dolar AS dengan total pendapatan 64,4 juta dolar AS (901 miliar rupiah) di Amerika Utara saja.