Sukses

JT Production Punya Tips Sukses Selama Menjadi Show Management

Kesuksesan JT Production selama dua tahun terakhir, tak lepas dari tangan pendirinya, Septrano Joanzah.

Liputan6.com, Jakarta - Nama JT Production alias JT Pro sebagai show management kini sedang menanjak. Sepanjang 2019, mereka beberapa kali terlibat di berbagai event berskala besar di Tanah Air.

Kesuksesan JT Production selama dua tahun terakhir, tak lepas dari tangan pendirinya, Septrano Joanzah yang telah berjuang keras dalam membina timnya agar bisa selalu bekerja maksimal di setiap acara.

"Di tahun 2019 ini, Alhamdulillah JT Production dari Januari sudah mulai start dan itu berentet. Berdasarkan report kantor, sampai Desember ini, kami satu bulan itu bisa handle 6 sampai 10 event," ujar Septrano Joanzah kepada wartawan belum lama ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lebih Istimewa dari 2018

Namun begitu, Septrano mengakui bahwa event tahun 2019 tak sebanyak 2018. Namun, acara yang dikerjakan JT Production diakuinya banyak berupa acara berskala besar.

"Tahun 2019 memang tak sebanyak event tahun 2018, tapi di tahun ini kami naik level, secara main event, kami lebih banyak di tahun 2019. Jadi dalam satu bulan cuma 6-10 event tapi tiga di antaranya besar semua," terangnya.

3 dari 6 halaman

Tujuan

Selain itu, Septrano Joanzah juga menyampaikan tujuan utama JT Production yang membuat timnya harus menguasai banyak hal, termassuk sistem yang ada di dalamnya.

"Sebenarnya tujuan kami ini pembangunan sumber daya manusia. Jadi kami ingin juga ada penyamarataan skill dari man power di dunia event, khususnya show management, kru bisa menguasai dengan benar sistem yang ada di dalamnya," terangnya.

"Jadi dari Sabang sampai Merauke, kami pendekatannya semua melalui penndekatan kebudayaan, adat istiadat yang baik, jadi tujuan dan goals untuk bisnis show management jadi lebih baik ke depannya bisa tercapai," lanjutnya.

4 dari 6 halaman

Tips Jitu

Secara murah hati, Septrano Joanzah juga membeberkan beberapa tips jitu saat mengerjakan setiap proyek acara mulai dari skala kecil hingga skala provinsi.

"Soal tips, banyak yang bicara ke saya, gimana sih caranya dengan waktu yang mepet, satu bulan bisa meng-handle 10 sampai 15 event? Bagaimana cara bagi kerja dan berpikirnya?" ujarnya.

"Alhamdulillah sistem di dalam JT Production ini sudah terbangun dengan baik. Teman-teman di dalam internal kami, mereka semua sudah berproses dengan job desk-nya masiing-masing. Makanya saya kalau ke klien itu nyebutnya autopilot. Kita brief sedikit tentang acaranya, mereka sudah tahu harus mengerjakan apa," ia menjelaskan.

5 dari 6 halaman

Sistemnya

"Tipsnya memang, bagaimana bisa membangun show management yang profesional iitu sistemnya harus diperbaiki dengan baik dari dalam. Job desk juga harus jelas. skema kerjanya harus benar. sehingga learn by doing, jadi kita semua bisa berproses dengan baik, experience selalu didapat," ungkapnya.

"Setiap selesai event, kami selalu ada evaluasi, sehingga ada perbaikan mekanismme kerja. Sehingga berproses event-event berikutnya jadi lebih baik lagi," tambahnya.

6 dari 6 halaman

Empat Hal

Septrano Joanzah pun mencatat bahwa ia selalu berkata kepada timnya agar memprioritaskan empat hal untuk diperhatikan.Pertama adalah ilmu pengetahuan, kedua pengalaman, ketiga adalah jaringan, dan terakhir barulah mendapatkan uang. Menurutnya, uang diposisikan di nomor empat agar tiga hal sebelumnya bisa lebih diutamakan.

"Di dalam show management JT Production, peran-perannya sudah terbagi dengan jelas. Itu yang penting ya, pembagian peran kerja. Sehingga semuanya dapat dikerjakan dengan baik. Alhasil dalam waktu setahun ini, JT Pro dapat mengerjakan berbagai event dengan tantangan yang ada dari Sabang sampai Merauke," lanjutnya.

"Antara stage manager sebagai pelaksana sekaligus penanggung jawab yang ada di stage maupun di backstage. Kru juga harus bisa membuat MC script dan bisa mendelegasikan MC brief dengan baik. koordinator talent pun bisa membuat skema brief kepada talent-talent yang akan perform," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini