Sukses

Knives Out Sudah Tayang di Bioskop, Ini 6 Fakta Menariknya

Di tengah dominasi Jumanji: The Next Level, film Knives Out menyusup ke jaringan bioskop Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah dominasi Jumanji: The Next Level, film Knives Out menyusup ke jaringan bioskop Tanah Air. Knives Out menampilkan sederet bintang papan atas seperti Daniel Craig, Chris Evan, Ana De Armas, dan Christopher Plummer.

Knives Out memulai kisahnya ketika asisten rumah tangga keluarga Thrombey, Fran (Edi Patterson) syok mendapati tuannya, Harlan (Christopher) tewas dengan luka sayat di bagian leher.

Detektif Benoit Blanc (Daniel) lantas hadir untuk menyelidiki benarkah Harlan bunuh diri atau ada kemungkinan lain. Knives Out karya sineas Rian Johnson. Berencana menonton Knives Out pekan ini? Sebelum ke bioskop, simak dulu 6 fakta menariknya berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Selisih Usia 6 Tahun

Dalam Knives Out, diceritakan Harlan Thrombey memiliki ibu bernama Wanetta yang dipanggil Great Nana. Great Nana diperankan aktris K Callan. Faktanya, K Callan ternyata berusia enam tahun lebih muda daripada Christopher Plummer. K Callan yang bernama asli Katherine Elizabeth Borman adalah aktris kelahiran Texas, Amerika Serikat, 9 Januari 1936.

Sementara Christopher Plummer aktor kelahiran Kanada, 13 Desember 1929. Lewat film Beginners, Christopher menjadi pemegang rekor peraih Oscar tertua sepanjang sejarah.

3 dari 7 halaman

2. Lagu Radiohead

Sebelum diberi judul Knives Out, film ini punya working tittle (judul sementara saat pembuatan) yakni Morning Bell. Keduanya merupakan lagu Radiohead dari album Amnesiac yang dirilis perusahaan rekaman Parlophone pada 2001.

Rolling Stone menobatkan album ini sebagai salah satu dari 500 album rekaman terbaik sepanjang sejarah. Di album itu, tembang "Knives Out" mengisi track keenam sementara "Morning Bell/ Amnesiac" menjadi lagu ketujuh.

                                                                                                                                           

4 dari 7 halaman

3. Michael Shannon dan Daniel Craig

Film ini menandai kali kedua Michael Shannon memerankan sosok ayah dari karakter yang diperankan Jaeden Martell setelah Midnight Special (Jeff Nichols, 2016). Sementara bagi Daniel Craig, Knives Out menandai kerja kali kedua dengan Christopher Plummer.

Sebelumnya, Daniel Craig dan Christopher Plummer tampil di film The Girl with the Dragon Tattoo (2011) yang meraih Piala Oscar Penyunting Gambar Terbaik.

5 dari 7 halaman

4. Sejarah Nama Harlan Thrombey

Nama karakter Harlan Thrombey yang diperankan Christopher Plummer terinspirasi dari nama penulis cerita misteri Amerika Serikat, Harlan Coben dan nama karakter dari salah satu judul serial populer di era 1980-an, Choose Your Own Adventure, yaitu Who Killed Harlowe Thrombey.

Knives Out menyajikan sejumlah adegan yang menggambarkan persamaan antara kasus kematian Harlan Thrombey dengan beberapa cerita misteri yang pernah dibuatnya.

 

6 dari 7 halaman

5. Rp 1,8 Triliun Plus Nominasi Golden Globe

Meski gagal memuncaki tangga box office gara-gara Frozen 2, Knives Out terbilang sukses secara komersial. Hingga artikel ini disusun, Knives Out telah mengumpulkan pendapatan kotor 132 juta dolar AS (sekitar 1,8 triliun rupiah) dari seluruh dunia.

Tak hanya mendulang dolar, Knives Out dihujani pujian para kritikus. Puncaknya, bulan ini Knives Out diganjar 3 nominasi di ajang Golden Globes ke-77. Knives Out menjadi nomine Film Terbaik Musikal atau Komedi. Daniel Craig jadi nomine Pemeran Utama Pria Terbaik Film Musikal atau Komedi sementara Ana De Armas nomine Pemeran Utama Wanita Terbaik Film Musikal atau Komedi.

7 dari 7 halaman

6. Semburat Alfred Hitchcock

Banyak yang menyebut Knives Out secerdas dan semenegangkan cerita-cerita gubahan Agatha Christie. Sineas Rian Johnson bukannya tak menyadari hal ini.

"Saya membaca buku-buku Agatha Christie sejak kecil. Saya sangat menyukai genre itu. Tapi Knives Out bagi saya adalah cerita detektif dengan sentuhan thriller ala Alfred Hitchcock di pertengahan," terang Rian Johnson ketika berbincang dengan The Independent pada November 2019.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini