Sukses

Daftar Pendek FFI 2019 Diumumkan, 3 Film Laris Ini Gagal Lolos

Ada tiga film laris yang gagal lolos dalam daftar pendek FFI 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Festival film Indonesia (FFI) 2019 merilis short list atau daftar ringkas berisi film panjang bioskop yang lolos seleksi. Short list FFI 2019 memuat 38 judul film. Lewat akun @festivalfilmid, diperoleh informasi bahwa short list ini didapat setelah tim kurator yang terdiri 7 orang melakukan seleksi. 

“Kurasi dilakukan oleh tim kurator yang terdiri dari para jurnalis, akademisi, dan praktisi perfilman (yakni) Nungki Kusumastuti, Lisabona Rahman, Hera Diani, Prima Rusdi, Tam Notosusanto, Makbul Mubarak, Rangga Wisesa,” terang akun FFI pada Sabtu (26/10/2019).

 

Beberapa film yang masuk dalam daftar pendek telah diprediksi para pemerhati film di antaranya 27 Steps of May, Bumi Manusia, Gundala, Twivortiare, Bebas, Ave Maryam, dan Keluarga Cemara. Ada pula yang di luar dugaan lolos seleksi di antaranya Zeta, Dreadout, Pocong The Origin, Danur 3: Sunyaruri, dan Kuntilanak 2. 

Film horor dan horor-fantasi di luar dugaan mendapat tempat di hati tim kurator. Daftar pendek ini ditanggapi beragam oleh publik. Sejumlah warganet mempertanyakan beberapa film laris yang gagal masuk daftar pendek FFI 2019.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bernapas Dalam Kubur

Tiga film laris yang gagal masuk daftar pendek FFI di antaranya Dilan 1991, Suzzanna Bernapas Dalam Kubur, dan Pretty Boys. Seperti diketahui hingga artikel ini disusun, Dilan 1991 masih menjadi film terlaris 2019 dengan 5,2 juta penonton. Suzzanna Bernapas Dalam Kubur yang dibintangi Luna Maya dan Herjunot Ali menyerap 3,2 juta penonton. 

 

3 dari 5 halaman

Pretty Boys

Pretty Boys meski gagal menembus sejuta penonton, disebut kuda hitam tahun ini. Film yang dibintangi Desta dan Vincent Rompies ini meraih hampir 700 ribu penonton. 

 

4 dari 5 halaman

Pertimbangan Kurator

“Waduh, kok kalah sama (film) yang agak-agak, sih Pretty Boys? Waduh-waduh, mangkaleno cak. Tapi, ya benar wes kata Bung Tompi, memang kurator punya pertimbangan sendiri,” celetuk seorang warganet. 

5 dari 5 halaman

Dipertanyakan

Yang lain mempertanyakan di mana keberadaan film Suzzanna Bernapas Dalam Kubur. “Suzzanna enggak masuk?” tanya seorang warganet. “Eh, iya kok enggak ada Suzzanna?” timpal yang lain. “Dilan 1991, Koki-Koki Cilik 2, Pretty Boys sama Suzzanna enggak ada,” warganet lain menambahkan. (Wayan Diananto)

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini