Sukses

Detik-Detik Menegangkan Sebelum Bayi Kembar Irish Bella Meninggal di Kandungan

Kedua janin Irish Bella sendiri mengalami TTTS atau Twin-to-twin transfusion syndrom.

Liputan6.com, Jakarta - Irish Bella dan Ammar Zoni harus kehilangan buah hatinya sebelum dilahirkan. Bayi kembar bernama Aiona Aisyah Bella Akbar dan Aiora Khadijah Bella Akbar tersebut meninggal di dalam kandungan pada usia enam bulan.

Kedua janin Irish Bella sendiri mengalami TTTS atau Twin-to-twin transfusion syndrom. Ini adalah kondisi di mana terlalu banyak koneksi darah satu arah sehingga aliran darah pada bayi tidak merata.

"Kalau dilakukan diperiksaan USG, bayi kembar yang satu donor, yang satu resipien (penerima darah) itu ada stagenya. Jadi kalau stage 1 belum parah, yang berat itu adalah stage 4," kata dr. Gatot Abdurrazak, Sp.OG, di RSAB Harapan Kita, Jakarta Barat, Senin (7/10/2018).

Pada Jumat (4/10/2019) TTTS pada janin Irish Bella sudah menyentuh stage 4, atau berada dalam kondisi bahaya. Keadaan ini membuat Irish Bella harus mendapat penanganan lebih lanjut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tekanan Darah Naik

"Janin yang resipien (penerima darah) udah bengkak jantungnya. Seluruh tubuh bengkak dan pertumbuhannya kecil. Minggu pagi saya visit, detak jantung masih ada, tapi ibunya tekanan darah naik, mirror syndrom udah naik," papar sang dokter.

Irish Bella dipindah dari ruang perawatan ke ruang HDU (High Dependency Unit). Namun belum sempat dilakukan tindakan, bayi pesinetron 23 tahun ini sudah tidak bernyawa.

"Pasien jam 9 pagi dipindah ke HDU, dan ternyata sudah tidak ada detak jantung. Meninggal diperkirakan jam 8 pagi," ungkap dr. Gatot Abdurrazak.

 

3 dari 3 halaman

Plasenta Lepas

Dokter memberi kesimpulan bahwa plasenta bayinya terlepas, atau dalam bahasa medis disebut solusio. Jadi, bayi dalam kondisi TTTS dapat mengalami mirror syndrom dan preeklamsia pada ibu yang ditandai dengan hipertensi.

"Jadi tekanan darah naik dan membuat plasenta lepas hingga aliran darah tidak lancar ke bayi," dr. Gatot Abdurrazak menerangkan.

Dokter pun segera melakukan tindakan operasi untuk mengambil jasad bayi Irish Bella. "Jadi melahirkan secara cesar. Pas operasi (tensi darah Irish Bella) sampai 180/90," sang dokter mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.