Sukses

Film Kucumbu Tubuh Indahku Mewakili Indonesia di Ajang Oscars 2020

Kucumbu Tubuh Indahku sempat menuai kontroversi di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Pekan ini beredar kabar ada tiga film yang digadang-gadang menjadi duta Indonesia di Oscars 2020, yakni Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho, Ave Maryam (Robby Ertanto) dan 27 Steps of May besutan Ravi Bharwani. Oscars atau Academy Awards ke-92 akan berlangsung awal tahun depan.

Sejumlah negara telah mengirim kandidat film untuk berkompetisi di kategori Best Foreign Language Film of The Year atau yang kini disebut International Feature Film Awards 2019. Selasa (17/9/2019), Komite Seleksi Oscars 2019 atau The Indonesian Academy Awards Selection Commitee akhirnya menentukan pilihan. Produser Lala Timothy sebagai salah satu anggota komite menyampaikan keputusan akhir. 

“The Indonesian Academy Awards Selection Commitee 2019 menetapkan film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku produksi Four Colours Films sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia dalam kompetisi 92nd Academy Awards kategori International Feature Film Awards 2019,” terang Lala Timothy.

Apa yang membuat film Kucumbu Tubuh Indahku bisa lolos dan berhak berlaga?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kriteria yang Ditetapkan

Lala Timothy menyebut, keputusan ini sesuai dengan pedoman pelaksanaan International Feature Film Awards 2019 serta regulasi dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). “(Kami telah melakukan) penilaian dengan saksama berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan,” beber produser film Wiro Sableng ini.

Lala juga menambahkan keterangan lain. “Kucumbu Tubuh Indahku sebagai film pilihan berhak mewakili Indonesia dalam kompetisi 92nd Academy Awards kategori International Feature Film Awards 2019,” imbuh kakak Marsha Timothy di Senayan, Jakarta.

 

3 dari 3 halaman

Karya Garin Nugroho

Kucumbu Tubuh Indahku merupakan karya Garin Nugroho. Film ini dibintangi Muhammad Khan, Sujiwo Tejo, dan Randy Pangalila. Tayang di bioskop pada 18 April 2019, Kucumbu Tubuh Indahku sempat menuai kontroversi dan diboikot di sejumlah daerah karena dianggap memuat konten LGBT.

Sejumlah sineas melakukan pembelaan dan menyebut pemboikotan ini tindakan represif terhadap karya seni. Kucumbu Tubuh Indahku menceritakan romantika kehidupan penari lengger bernama Juno yang diperankan Muhammad Khan. Film ini diproduseri menantu Garin, yaitu sineas Ifa Isfansyah.

(Wayan Diananto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini