Sukses

Balkonjazz Festival 2019 Angkat Ekonomi Pedesaan Lewat Musik

Balkonjazz Festival 2019 akan digelar pada 14 September 2019.

Liputan6.com, Jakarta Balkonjazz Festival 2019 siap digelar di Balkondes PT Telkom Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, 14 September 2019 mendatang. Acara ini dibuat berbeda karena tak hanya menonjolkan konser musik, melainkan juga mengangkat kearifan ekonomi lokal. 

Inisiator sekaligus Direktur Balkonjazz Festival 2019, Bakkar Wibowo mengatakan festival ini tak hanya menonjolkan musisi yang tampil, melainkan potensi yang dimiliki desa di sekitar Candi Borobudur. 

"Semua ini tentunya dengan harapan akan terjadi pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat lokal, khususnya di sekitaran daerah penyelenggaraan Balkonjazz. Balkonjazz Festival akan turut mempromosikan desa wisata di seputaran Borobudur, sebagai destinasi baru dengan berbagai atraksi dan potensi sumber daya alam yang sangat menarik. Masyarakat yang ingin menikmati berbagai sajian yang terdapat di Balkonjazz bisa mengaksesnya secara gratis," ujar Bakkar Wibowo saat jumpa pers di Kementrian BUMN, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Sementara itu, untuk penampil di Balkonjazz Festival, beberapa nama dipastikan akan menghibur, antara lain Yura Yunita, Rio Febrian, Payung Teduh, Dialog Dini Hari, Langit Sore, Tashoora, Nosstress dan Frau.

Dalam Balkonjazz Festival 2019, para penonton nantinya juga akan disuguhkan pilihan untuk berbelanja di pasar tradisonal, yaitu Pasar Balkon Tuksongo. 

Pasar ini akan menjadi media transaksi ekonomi dan promosi bagi masyarakat lokal secara langsung untuk mengenalkan potensi ekonomi lokal diseputaran area Balkondes. Balkonjazz Festival 2019 nanti juga akan mengusung kesenian tradisi lokal sebagai bagian dari kolaborasi bersama masyarakat sekitar.

“Sebetulnya di Indonesia sendiri banyak sekali potensi-potensi lokal yang belum diketahui oleh masyarakat di Indonesia maupun mancanegara,” ujar Bakkar Wibowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Event

Balkonjazz Festival 2019 yang dipromotori PT Manajemen CBT Nusantara (MCN) sebagai pihak yang menaungi Balkondes (Balai Ekonomi Desa), dan menggandeng Sinergi Nusantara sebagai Event Consultant ini merupakan perayaan hari jadi Balkondes kedua dan menjadi yang pertama untuk Balkonjazz Festival.  

Direktur PT MCN Jatmika Budi Santoso mengatakan Balkondes merupakan salah satu program prestisius dari Kementrian BUMN yang dibangun untuk menumbuhkan perekonomian pedesaan melalui sektor pariwisata, yaitu melalui didirikannya balai ekonomi dan homestay yang dikelola secara langsung oleh masyarakat yang berada di sekitaran kawasan Candi Borobudur.

 

3 dari 3 halaman

Strategis

Dari 20 Balkondes yang ada, Tuksongo dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Balkonjazz Festival karena posisinya yang strategis di sekitar Candi Borobudur. Artinya, acara ini dapat menarik minat, tak hanya wisatawan local, juga mancanegara. 

"Dengan adanya Balkonjazz ini bagi kami akan menjadi pengalaman menarik lainnya yang bisa didapat wisatawan ketika melancong ke Borobudur maupun tinggal sementara di Balkondes. Pengalaman yang nyaman di Balkondes, indahnya panorama alam yang tergambar di sekitarnya, juga sajian musik dari para musisi besar Indonesia akan menjadi pengalaman yang lengkap dan tidak akan terlupakan yang bisa dinikmati oleh wisatawan maupun masyarakat umum,” jelas Jatmika.

Sementara, management CBT menegaskan, kendati Balkonjazz Festival bisa diakses secara gratis masyarakat, namun manajemen CBT menawarkan beberapa fasilitas VIP Package yang dibagi menjadi Silver dengan harga Rp550.000, Gold (Rp850.000), Platinum (Rp1.300.000), Diamond (Rp1.500.000) dan Group (Rp2.400.000). Fasilitas yang akan didapatkan saat menggunakan VIP Package, antara lain Balkondes Homestay, Balkonjazz VIP Spot Area, Balkonjazz Merchandise T-Shirt dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.