Sukses

Ini Pantangan yang Harus Dipatuhi di Museum Bumi Manusia

Dalam museum Bumi Manusia, ada sebuah aturan yang harus dicermati pengunjung.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sutradara Hanung Bramantyo meresmikan Museum Bumi Manusia yang bertempat di Gamplong Studio Alam Sleman, Yogyakarta, Selasa (13/8/2019). Museum ini dibuat untuk mengenang latar rumah Annelies yang diperankan Mawar de Jongh.

Dalam film yang diangkat dari novel Pramoedya Ananta Noer itu, rumah milik Annelies merupakan latar sentral. Berbagai benda-benda kuno khas tahun 1890-an hingga lukisan para tokoh Belanda terpampang di Museum Bumi Manusia.

"Fungsinya untuk mengenang ada sastra klasik yang dibuat dengan berdarah-darah. Jadi, ini harus dirayakan bareng untuk generasi muda agar tidak terputus," kata Hanung Bramanstyo, usai peresmian Museum Bumi Manusia.

Dalam rumah berlantai dua tersebut, ada sebuah aturan yang harus dicermati pengunjung. Para pengunjung tidak diperkenankan naik ke lantai dua museum dengan jumlah lebih dari 10 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu 10 Menit

"Nantinya hanya dibatasi 10 orang untuk naik ke lantai dua. Waktunya pun hanya 10 menit saja, kemudian turun. Setelah itu pengunjung lain bisa bergiliran naik," jelas suami Zaskia Adya Mecca ini.

 

3 dari 3 halaman

Alasan Dibatasi

Pantangan itu dibuat bukan tanpa alasan. Hanung meragukan kekuatan bangunan lantai dua yang merupakan set yang dibuat untuk keperluan syuting.

"Karena rumah belakang ini bukan yang sebenarnya, rumah set. Jadi harus dibatasi. Bagian atasnya syuting waktu itu bisa 20-30 orang dengan alat, tetapi kami khawatir ambruk. Jadi kami batasi," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini