Sukses

Manuk Dadali jadi Lagu Dukungan ke Jokowi-Maruf Amin

Lagu Manuk Dadali digubah menjadi lagu dukungan kepada Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Hiruk pikuk Pilpres 2019 juga membuat kreatifitas para pendukungnya. Salah satunya adalah ketika lagu Manuk Dadali digubah menjadi sebuah lagu untuk mengajak kaum perempuan memberikan dukungan kepada pasangan Joko Widodo dan Mar'uf Amin.

Para relawan yang tergabung dalam Bravo 5 ini memilih cara kreatif, melalui lagu. Lagu ini dikhususkan untuk pemilih kaum perempuan. Menurut Bravo 5, kebijakan Presiden Jokowi membawa kebaikan untuk kaum perempuan.

"Selain kanvasing door to door, kami punya cara kreatif mengajak kaum perempuan untuk memilih Jokowi-Maruf Amin. Salah satunya melalui lagu," ujar Kartini Sjahrir, Ketua Divisi Perempuan Bravo 5 Pusat dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Senin (18/2/2019).

"Itulah Kenapa, spirit dari produksi lagu ini adalah semangat kebersamaan untuk menggerakan pemilih perempuan menyadari pentingnya memilih calon yang tepat. Kita tidak boleh diam, harus bergerak membantu Pak Jokowi menang," pintanya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Produksi

Ancilla Yanni Irmella, salah satu pengurus Divisi perempuan Bravo 5 yang terlibat langsung dalam proses produksi lagu menyebutkan bahwa lagu Manuk Dadali yang menjadi pilihan untuk digubah liriknya oleh pengurus Bravo 5. 

"Lagu ini unik dan memang Pilpres ini perlu kreatifitas, kita perlu cairkan suasana tegang politik dengan alunan musik yang tentunya bisa menggugah khususnya kaum perempuan untuk pilih Jokowi," kata  Yanni yang juga Ketua Divisi perempuan bravo Lima Banten sekaligus sebagai penggagas ide kreatif ini.

Rencananya, lagu yang baru saja menyelesaikan proses syutingnya di Rimbun Konservasi, Tangerang Selatan itu akan di-launching sekaligus bedah lirik yang menghadirkan nara sumber aktivis perempuan.

"Kita mau cepat ya, agar segera di-launching dan mau kami bedah juga liriknya menjadi bahan diskusi publik, kita bikin asyik lah pilpres ini dengan lagu biar nggak tegang-tegang," ujar Yanni menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Hak Cipta 

Sementara itu, saat disinggung soal hak cipta yang dikhawatirkan menjadi persoalan di kemudian hari, Yanny menceritakan sudah mendapat izin dari ahli waris, yang diwakilkan oleh ibu Inin Krisyani sebagai salah satu anak dari Sambas Mangundikarta pencipta asli lagu Manuk Dadali.

"Kami mengerti betul dan menghargai Karya cipta anak bangsa, prosedural izin dengan ahli waris sudah kami lakukan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.