Sukses

Dorkas Waroy, Pemilik Suara Emas di Acara Debat Capres 2019

Penampilan Dorkas Waroy di akhir acara Debat Capres pertama menjadi perbincangan.

Liputan6.com, Jakarta - Acara Debat Capres yang digelar pada Kamis (17/1/2019) lalu di Hall Birawa, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, berjalan lancar. Tak hanya topik serrta strategi para calon presiden Indonesia yang menarik perhatian. Penampilan Dorkas Waroy di akhir acara pun menjadi perbincangan.

Suara merdu Dorkas Waroy terdengar usai moderator Ira Koesno mempersilakan Dorkas Waroy untuk menutup acara. Penyanyi asal Papua itu pun langsung panen pujian dari para permirsa Debat Capres berkat suara emasnya.

Kontan saja Dorkas sanggup memberikan kehangatan setelah panggung dibuat panas oleh debat yang dilontarkan dua pasangan capres dan cawapres. Rasa penasaran tentunya menghinggap terhadap wanita satu ini.

Siapakah sosok Dorkas Waroy? Berikut fakta-fakta yang berhasil didapat melalui beberapa penelusuran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bintang Radio RRI

Setelah ditelusuri, wanita bernama lengkap Dorkas Lea Waroy ini bukanlah penyanyi pendatang baru di industri musik Tanah Air. Namanya mulai melejit kala menjuarai ajang lomba Bintang Radio RRI tahun 2011 silam untuk kategori pop.

Pada ajang tersebut, Dorkas mewakili Jayapura. Tak sendirian, Ia keluar sebagai pemenang bersama Rando Sembiring yang mewakili Pekanbaru, Riau.

Mereka berdua adalah pemenang terpilih yang sukses menyingkirkan sekitar 120 kontestan lain di malam Grand Final Bintang Radio (RRI) yang digelar di Manado, Sulawesi Utara.

Kemenangan Dorkas dalam ajang tersebut membawa berkah tersendiri. Selain dikirim untuk mewakili Indonesia di ajang Bintang Radio ASEAN 2012, Dorkas juga masuk dapur rekaman di bawah payung label sekelas Nagaswara.

3 dari 4 halaman

Punya Lagu Sendiri

Baginya, pencapaian tersebut adalah sebuah kehormatan yang luar biasa. Namun, mimpinya tak berhenti sampai situ. Pada satu kesempatan, Dorkas sempat menyebut bahwa dirinya berangan-angan untuk punya lagu sendiri.

Pada 2012 silam, Dorkas merilis single perdananya yang bertajuk "Aku Rindu". Lagu yang dirilis di bawah label Nagaswara ini merupakan ciptaan dari Yuan Panser, sosok yang juga menciptakan lagu "Matahariku" milik Agnes Monica.

Hingga tulisan ini diturunkan, total video klip resmi dari "Aku Rindu" yang diunggah channel Youtube Nagaswara sudah menjaring views sebanyak 1 juta lebih. Berbagai respon positif pun membanjiri Dorkas lewat karyanya tersebut.

Meski kini sudah jadi penyanyi professional, namun bukan berarti Dorkas melupakan pendidikannya. Putri dari pasangan Alfons Waroy dan Aplena Sembay ini merupakan Sarjana Pendidikan, jurusan FKIP Biologi di Universitas Cendrawasi Papua.

4 dari 4 halaman

Lagu Rumah Kita

Menyanyi memang sudah jadi hobi Dorkas sejak kecil. Ia juga mengaku menggilai sejumlah nama-nama penyanyi pop papan atas sebagai kiblat bermusiknya seperti Whitney Houston, Mariah Carey, hingga Ruth Sahanaya.

Pada acara debat capres pertama, Dorkas dipercaya untuk tampil sebagai penyanyi penutup. Ia membawakan lagu "Rumah Kita" yang dipopulerkan oleh God Bless.

Tampil di hadapan tokoh-tokoh politik terbesar di Indonesia, tentu menjadi sebuah kehormatan yang tiada tara bagi Dorkas. Kesempatan langka ini bahkan belum tentu bisa didapatkan oleh penyanyi-penyanyi besar lainnya. Terlebih lagi, acara tersebut disiarkan secara langsung dan disaksikan hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Penulis: Guntur Merdekawan

Sumber: Kapanlagi.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.