Sukses

Uya Kuya Mengaku Sudah Biasa Bahas Hal Tabu dengan Anak

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi orang tua nggak cuma mengemban peran besar, tapi juga tanggung jawab yang besar. Meski begitu, Uya Kuya tak lantas membatasi pengetahuan sang anak di era serba bebas informasi seperti sekarang.

Ia malah kasih tahu dan berikan arahan. Hal itu diungkap Uya Kuya saat ditemui di bilangan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/2019) ini.

"Kalau anak-anak gue sih, gue selalu kasih mereka perlihatkan sesuatu hal berita-berita yang terjadi di TV. Kasus tertangkap narkoba, kasus ketangkep gara-gara ini, gara-gara itu, prostitusi online, itu gue kasih tau. Ini kenapa begini, ini akibatnya apa, penyebabnya apa, akibatnya begini, efeknya apa," jelas Uya yang tengah didampingi sang istri.

Dengan cara seperti itu, Uya Kuya berharap anak-anaknya bisa lebih mengerti dan terbuka pada hal-hal tabu.

"Gue enggak tabu buat memberitahukan hal seperti itu. Pendidikan seks sejak dini juga penting banget. Apa yang tabu, enggak boleh dilihat sama orang, enggak boleh dipegang sama orang," tambah Uya Kuya.

2 dari 3 halaman

Narkoba

Tak cuma dari berita di media, Uya memberikan contoh dari hal yang ia alami.

"Gue kasih tahu narkoba efeknya begini, ceritain dulu, teman papa waktu kuliah pernah mati gara-gara narkoba. Ya kasih tahu," ujarnya.

Memberitahu hal tabu, dirasa Uya bakal membuka pemikiran sang anak.

"Harus memberikan contoh-contohnya untuk memberitahukan mana yang baik, harus tahu dulu mana yang buruk. Memberikan sesuatu yang putih harus tahu hitamnya seperti apa," terang Uya.

3 dari 3 halaman

Tidak Tergantung Orang Tua

Dengan cara seperti itu, ternyata anak-anak Uya Kuya mau mendengarkan.

"Anak-anak dengarin. Gue percaya anak-anak gue anak-anak yang baik. Menurut gue, anak itu bisa bertumbuh jadi anak yang baik atau tidak tergantung orang tuanya," tutup pria 43 tahun ini.

Penulis: Tantri Dwi Rahmawati.

Sumber: Kapanlagi.com

Via Vallen Raih Bravo Award di Moskow
Loading
Artikel Selanjutnya
Kahiyang Ayu Perdana Pamer Foto Anaknya, Sedah Mirah
Artikel Selanjutnya
Evelyn Nada Anjani Liburan Bareng Isa Khan ke Jepang