Sukses

Biodata Twice dan Fakta Member Buat Kamu yang Baru Jadi Once

Twice memiliki 9 personel.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal dengan salah satu girl group populer asal JYP Entertainment, Twice. Twice memiliki 9 personel yakni Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung dan Tzuyu. Debut sejak tahun 2015, Twice memiliki 9 anggota dari 3 negara yakni Korea Selatan, Jepang dan Taiwan. Perekrutan member Twice dipilih dari program reality show SIXTEEN. Awalnya hanya 7 member yang terpilih, namun kemudian 2 anggota lagi bergabung yakni Momo dan Tzuyu.

Twice pun sukses menjadi salah satu girlband Korea yang populer di seluruh dunia. Mereka telah merilis beberapa album, mini-album dan single. Banyak penghargaan musik yang diraih Twice. Mereka juga memiliki banyak fanbase di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Nama resmi fandom Twice adalah ONCE. Berikut biodata Twice yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/1/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Jihyo

Biodata Twice member yang pertama adalah Park Ji Soo. Dirinya adalah leader dan main vokal dari grup Twice. Ia mengganti namanya secara legal menjadi Park Ji Hyo tepat sebelum keikutsertaannya dalam acara SIXTEEN. Ia lahir di Guri, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan pada tanggal 1 Februari 1997. Sebelum menjadi trainee JYP Entertaiment, Jihyo mengikuti sebuah kompetisi Junior Naver untuk sebuah peran anak kecil. Dalam kompetisi tersebut, ia berhasil memperoleh peringkat kedua.

Setelah itu, ia ditemukan oleh JYP Entertainment dan resmi bergabung menjadi trainee terhitung sejak 15 Juli 2005. Jihyo merupakan member yang paling lama menjalani masa pelatihan. Tercatat, ia telah 10 tahun menjadi trainee sebelum akhirnya bisa debut dengan grup Twice ini. Ia menjalani masa trainee bersama Wonder Girls, 2PM, Miss A, GOT7, dan hampir semua artis JYP Entertainment mengenalinya. Saat pertama kali melihat Jihyo, Jeongyeon mengira bahwa Jihyo ini adalah orang Indonesia, karena ia memiliki mata yang lebih besar jika dibandingkan dengan mata orang Korea asli.

Sebelum mengikuti program SIXTEEN, Jihyo direncanakan akan debut bersama Nayeon, Jeongyeon, dan Sana dalam sebuah grup bernama 6MIX. Namun, rencana ini batal terlaksana lantaran ada beberapa member yang keluar dari agensi. Saat masih menjadi trainee, dia sudah beberapa kali terlibat dalam beberapa music video dari para seniornya. Salah satunya adalah pada MV Miss A yang bertajuk Only You yang dirilis pada bulan Maret 2015.

3 dari 10 halaman

2. Nayeon

Biodata Twice Nayeon memiliki nama asli Im Na Yeon ini lahir di Seoul, 22 September 1995. Nayeon merupakan member yang menempati posisi lead vokal dan center dari grup. Ia merupakan member tertua. Pada tahun 2010, Nayeon Twice diam-diam mengikuti audisi JYP Entertainment karena pada saat itu sang ibunda tidak memperbolehkannya untuk ikut. Nayeon berhasil lolos dan menjalai masa pelatihan selama kurang lebih lima tahun.

Sama seperti Jihyo, Nayeon juga beberapa kali muncul dalam MV dari single para seniornya. Seperti MV San E yang berjudul Please Don’t Go, Girls Girls Girls dari GOT7, No Love dan Your Wedding dari Jun K, serta Only You dari Miss A. Nayeon juga merupakan teman baik dari Jennie dan Jisoo BLACKPINK.

4 dari 10 halaman

3. Jeongyeon

Biodata Twice selanjutanya Yoo Jeong Yeon. Gadis kelahiran Suwon, 1 November 1996 ini merupakan lead vokal dari grup Twice. Jeongyeon sendiri sebenarnya memiliki nama lahir Yoo Kyung Wan, tapi saat menduduki bangku kelas 3 SD, ia mengganti namanya menjadi Yoo Jeong Yeon. Hal tersebut dilakukan karena teman-temannya sering mengejek nama itu seperti nama anak laki-laki.

Pada awalnya, Jeongyeon gagal lolos audisi JYP Entertainment, namun akhirnya ia berhasil lolos saat mengikuti audisi pada tanggal 1 Maret 2010. Sama seperti Nayeon, ia menjalani masa pelatihan selama kurang lebih lima tahun. Jeongyeon juga pernah muncul di MV rekan selabelnya, yaitu dalam single GOT7 yang berjudul Girls Girls Girls dan Miss A, Only You.

5 dari 10 halaman

4. Momo

Biodata Twice member yang ke-empat adalah Momo. Gadis kelahiran Kyoto, Jepang, 9 November 1996 silam ini merupakan main dancer, vocalist, sekaligus rapper dalam grup. Pemilik nama asli Hirai Momo ini merupakan warga negara Jepang. Ia ditawari untuk mengikuti audisi setelah staf JYP Entertainment melihat video tarinya yang dilakukan bersama sang kakak.

Ia lolos menjadi trainee JYP Entertainment pada tanggal 13 April 2012. Dalam program SIXTEEN yang diikutinya, ia sebenarnya telah tereliminasi pada episode 6. Namun, karena alasan bakat menarinya yang luar biasa, Park Jin Young pun memutuskan untuk memasukannya ke dalam Twice. Momo juga pernah muncul di MV seniornya antara lain dalam lagu GOT7 Stop Stop it, MV Feel dari Junho, Miss A yang berjudul Only You, dan Rose dari Wooyoung.

6 dari 10 halaman

5. Sana

Minatozaki Sana atau yang lebih akrab dipanggil Sana ini merupakan lead dancer dan vocalist dalam grup. Sama seperti Momo, Sana juga merupakan member berkebangsaan Jepang. Ia lahir di Osaka pada tanggal 29 Desember 1996. Saat sedang pergi di pusat perbelanjaan bersama teman-temannya, Sana ditemukan oleh staf JYP Entertainment dan ditawari untuk mengikuti audisi. Ia pun memutuskan untuk mengikutinya dan berhasil lolos pada 13 April 2012. Sana menjalani masa pelatihan selama kurang lebih tiga tahun sebelum akhirnya berhasil debut.

Sana juga sempat muncul menjadi model MV GOT7 yang berjudul A pada tahun 2014 lalu dan dua kali bekerja sama dengan Junho 2PM untuk menjadi model MV single yang bertajuk Feel dan Candy. Walaupun posisi visual Twice ditempati oleh Tzuyu, tapi banyak penggemar yang juga memuji visual Sana. Ia bahkan ditempatkan pada peringkat ke-21 dalam 100 Most Beautiful Faces of 2017.

7 dari 10 halaman

6. Mina

Biodata Twice Myoui Mina merupakan member Twice yang juga berkebangsaan Jepang. Mina lahir di Amerika Serikat pada 24 Maret 1997, kemudian ia bersama keluarganya pindah ke Kobe, Jepang, saat dirinya masih balita. Sama seperti Sana, Mina juga ditemukan staf JYP Entertainment saat ia sedang berbelanja bersama ibunya. Dia akhirnya mengikuti audisi yang diadakan agensi tersebut di Jepang dan kemudian lolos menjadi trainee terhitung sejak 2 Januari 2014. Dia menjadi trainee yang menjalani masa pelatihan paling singkat di antara member lainnya.

Mina dikenal akan kemampuannya menari balet. Mina telah mempelajari tarian balet selama 11 tahun. Sebelum debut, ia pernah terlibat menjadi model MV dari rekan selabelnya. Sebut saja dalam single Feel milik Junho, Stop Stop It milik GOT7, Rose milik Wooyoung, dan Only You dari Miss A.

8 dari 10 halaman

7. Dahyun

Biodata Twice berikutnya adalah Kim Dahyun atau yang dikenal dengan nama panggung Dahyun. Ia merupakan lead rapper dan vocalist dalam grup. Ia lahir di Seongnam pada 28 Mei 1998. Saat duduk di bangku SMP, ia mengikuti ajang Youth Dance Festival dan kemudian ditemukan oleh agensi. Ia pun lolos audisi pada 7 Juli 2012 dan resmi menjadi trainee JYP Entertainment.

Dahyun juga sangat mahir bermain piano. Dahyun merupakan member yang paling populer dalam program SIXTEEN. Dahyun juga merupakan teman dekat dari Kyulkyung Pristin. Dia juga merupakan salah satu model perempuan yang muncul di MV Stop Stop It dari GOT7 dan Rose milik Wooyoung.

9 dari 10 halaman

8. Chaeyoung

Biodata Twice member Son Chae Young ini merupakan main rapper dan vocalist dalam grup. Ia lahir di Seoul, 23 April 1999. Chaeyoung lolo audisi JYP pada tanggal 6 Juni 2012. Terhitung sejak saat itu, ia telah menjalani masa pelatihan selama kurang lebih tiga tahun sebelum akhirnya bisa debut. Chaeyoung merupakan salah satu member yang sangat suka menggambar. Selain itu, dia juga mempunyai hobi bermain basket. Ia merupakan teman dekat dari Rose BLACKPINK.

10 dari 10 halaman

9. Tzuyu

Tzuyu merupakan satu dari empat member yang tidak berasal dari Korea Selatan. Ia lahir dan besar di Taiwan. Tzuyu lahir pada 14 Juni 1999 merupakan maknae dari Twice. Ia menempati posisi sebagai lead dancer, vocalist, dan visual. Ia ditemukan oleh staf JYP Entertainment dalam acara MUSE Performing Arts Workshop di Taiwan pada tahun 2012. Kemudian ia terbang ke Korea Selatan pada 15 November 2012 dan memulai masa pelatihannya.

Sama seperti Chaeyoung, Tzuyu juga merupakan teman baik dari Rose BLACKPINK. Selain Rose, ia juga berteman baik dengan Elkie dari grup idola CLC. Ia juga pernah terlibat sebagai model MV Stop Stop It dari GOT7 dan Only You dari Miss A. Tzuyu memperoleh peringkat ketiga dalam 100 Most Beautiful Faces of 2017. Tzuyu dirumorkan menjadi member TWICE terkaya karena latar belakang keluarga yang dimilikinya.

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.