Sukses

Dinyatakan Bersalah atas Kasus Kekerasan Seksual, Bill Cosby Berkata Kasar

Bill Cosby sempat menyerukan kata makian di tengah persidangan.

Liputan6.com, Montgomery- Nama Bill Cosby yang sempat jaya di dunia sinema Hollywood, kini hancur. Terutama, setelah juri berkesimpulan bahwa aktor berusia 80 tahun ini bersalah atas kasus kekerasan seksual yang menjeratnya.

Dilansir dari The New York Times, Jumat (27/4/2018), dalam sidang yang digelar Kamis kemarin, juri menyatakan bahwa Bill Cosby bersalah dalam tiga peristiwa kekerasan seksual yang menimpa Andrea Constand, 14 tahun lalu.

Jaksa penuntut umum di Pengadilan Montgomery, Kevin R. Steele, lantas meminta hakim untuk mencabut jaminan Bill Cosby sebesar US$ 1 juta.

Alasannya, kejahatan yang dilakukan Bill Cosby terhitung serius. Bintang The Cosby Show ini juga memiliki pesawat pribadi, dan dikhawatirkan bisa kabur dari Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memaki Jaksa

Mendengar pernyataan Kevin R Steele, Bill Cosby langsung naik pitam. CNN melaporkan ia langsung berdiri dan mengeluarkan kata-kata makian di tengah sidang.

"Dia tak punya pesawat pribadi, dasar be****h!"

3 dari 4 halaman

Tahanan Rumah

Hakim Steve O'Neill kemudian menjawab bahwa ia tidak mencabut jaminan Bill Cosby dengan alasan terdakwa sudah lanjut usia.

Selain itu, Bill Cosby juga selalu datang ke persidangan sejak kasus ini bergulir 2,5 tahun terakhir. Meski begitu, Bill Cosby diperintahkan untuk tak meninggalkan rumahnya di Pennsylvania, juga diwajibkan mengenakan perangkat GPS untuk memantau keberadaannya.

 

4 dari 4 halaman

Deretan Korban

Andrea Constand hanyalah satu dari sekitar 50 orang yang menuduh Bill Cosby atas kasus pelecehan dan kekerasan seksual. Namun kasusnya ini yang akhirnya berlanjut hingga ke meja hijau.

Andrea menuduh Bill Cosby telah memberinya obat yang membuatnya hilang kesadaran, dan melakukan kekerasan seksual padanya. Peristiwa ini terjadi pada Januari 2004. Sejumlah wanita lain, salah satunya Patricia Steuer yang kini berusia 61 tahun, juga menyebutkan ia diberi obat dan diserang oleh Bill Cosby pada 1978 dan 1980.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.