Sukses

Kolaborasi Makana-Balawan Memukau di Den Haag

Liputan6.com, Den Haag: Kolaborasi dua seniman dunia gitaris Balawan dari Bali dan gitaris Makana asal Hawaii yang tampil di Theater Bintang berhasil memukau pengunjung Tong Tong Fair di Malieveld, Den Haag, Belanda. Tong Tong Festival 2011 berhasil menyatukan dua seniman dunia itu yang berbeda untuk pertama kalinya bertemu dengan membawa karakter musik masing-masing.

"Saya senang bisa tampil bersama Balawan," ujar seniman Makana yang berasal dari Hawaii kepada koresponden Antara usai tampil bersama Balawan, Kamis (2/6). Hal serupa disampaikan seniman Indonesia Balawan yang memuji penampilan Makana yang tampil dengan busana jas warna putih yang dipadukan dengan pantalon putih serta dilengkapi dengan kalung warna putih.

"Asyik asyik saja bisa main sama Makana yang ternyata kami bisa nyambung dan saling mengisi," ujar Balawan yang meskipun baru pertama kali bertemu dengan Makana. Diakuinya, mereka sama sama memiliki insting yang sangat kuat untuk bisa saling mengisi.

Makana yang tahun lalu dianugerahi musisi Tong Tong Festival merupakan salah satu gitaris kontemporer paling terkenal di Hawaii. Makana yang merayakan ulang tahunnya yang ke-31 memuji kualitas dan keragaman kinerja dan kehangatan publik. Yang menarik baginya adalah Bali.

Makana mengaku pernah ke Bali dan terpesona dengan keindahan musik gamelan. Dia menulis sebuah lagu tentang kunjungannya ke Pulau Dewata. Yang membawa Tong Tong Festival.

Adapun Balawan tampil untuk kali ketiga di Tong Tong Fair. Sebelumnya pada 2007 dan 2008, gitaris Balawan menampilkan ansambel Bali dengan bantuan ethnic fusion menjadi bagian dari proyek alur musik dunia dari Indonesia.

Selain itu, istri Balawan, I Gusti Ayu Kamaratih, turut tampil dengan melantunkan lagu keroncong Bengawan Solo yang dibawakannya dengan penuh penghayatan.

Balawan, gitaris terkenal dan sukses di banyak pertunjukan dengan rekaman video di YouTube, paling populer saat tampil di Teater Bintang. Penampilannya disaksikan lebih dari 35.000 orang. Mereka umumnya ingin mengetahui cara Balawan memainkan dua gitar secara bersamaan.

Baik Makana maupun Balawan memiliki karakter masing masing yang dasar tradisi dari musik asli. Balawan memadukan musik tradisional gamelan Bali dengan modern jazz, yang menghasilkan musik jazz. Memegang gitar virtuoso berleher ganda, Balawan memang bermain dengan cara tidak biasa, terutama saat menekan senar.

Sementara, cara bermain Makana adalah yang terbaik digambarkan sebagai campuran eklektik kunci gitar slack-Hawaii dan musik dunia. Gitaris yang mewariskan budaya Hawaii dipengaruhi dari tradisi musik lainnya, seperti rock, bossa nova, latin, bluegrass dan musik rakyat.(ANS/Ant)

    Saksikan Live Streaming EGTC Malang 2018

    Tutup Video