Sukses

Produser Polisikan Pembajak Film Dilan 1990 di Cirebon

Film Dilan 1990 masih terus tayang hingga saat ini di bioskop.

Liputan6.com, Cirebon - Meskipun masih tayang di sejumlah bioskop di Indonesia, DVD bajakan film Dilan 1990 sudah bisa ditemukan pasaran. Sang produser sudah menemukan lokasi dan penjualan pembajakan dan langsung langsung melaporkan kepada pihak kepolisian.

"Saya dapat laporan dari teman, dia bilang di Kota Cirebon ini sudah ada DVD Dilan bajakan yang dijual," ujar Ody Mulya Hidayat dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (6/3/2018).

Saking penasarannya, Ody pun mendatangi toko yang dimaksud di salah satu kawasan dagang di Kota Cirebon. Benar saja, Ody menemukan beberapa ikat DVD film Dilan 1990. "Satu ikat ada sekitar 5 atau 10 buah," ungkap Ody.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bajakan Film Lain

 

Tak hanya film Dilan 1990 saja yang ditemuinya, Ody juga menemukan DVD bajakan film Jomblo, Warkop DKI Reborn dan Keluarga Tak Kasat Mata. Tak tanggung-tanggung, saat dirinya membeli DVD bajakan itu pun bisa dicek dalam penayangan DVD.

"Ini luar biasa. Saya beli DVD itu dan saya laporkan ke kepolisian Cirebon," ujar Ody.

 

3 dari 4 halaman

Kecewa

Dengan raut wajah yang kecewa, Ody menjelaskan pihaknya sangat dirugikan dengan keberadaan DVD bajakan tersebut, apalagi filmnya masih tayang di bioskop. Sekalipun belum dihitung berapa kerugiannya, namun dirinya meminta agar pihak yang berwajib mengusut tuntas kasus ini.

"Pihak berwajib mesti mengusut tuntas kasus ini. Kita sebagai sineas sangat dirugikan," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Tidak Menjual DVD

 

Terlebih Ody menjelaskan,sejak awal pihaknya tidak menjual film tersebut dalam bentuk DVD. "Harus didatangi penjualnya dan dicari siapa pengedarnya," ungkapnya.

Ditambahkannya juga, sekarang saat yang tepat untuk memerangi perdagangan illegal seperti barang bajakan yang dialaminya. Indonesia saat ini tengah konsern untuk memberantas peredaran DVD bajakan baik itu musik maupun film.

"Saya berharap ada penegakan hukumnya agar pelaku menjadi jera," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.