Sukses

Seniman Tradisional Jepang Ai Hasuda Gebrak Tujuh Kota Indonesia

Ai Hasuda akan menggelar pertunjukan di Makasar, Yogyakarta, Bumiayu, Padang, Banjarmasin, Surabaya dan Bali.

Liputan6.com, Jakarta Ai Hasuda, seorang seninam tradisonal Jepang berencana menggelar pementasan di berbagai kota di Indonesia. Di antaranya Makasar, Yogyakarta, Bumiayu, Padang, Banjarmasin, Surabaya dan Bali. Pentas roadshow yang bertajuk Ai Matsuri ini akan menampilkan beberapa tarian tradisonal Jepang, musik hingga modern dance. Tidak hanya sendiri, dalam setiap pementasannya akan berkolaborasi dengan seniman lokal.

Ai Hasuda | Foto : istimewa

"Ai Matsuri atau Festival Ai ini tidak hanya menampilkan budaya Jepang seperti tarian tradisional, musik tradisional Jepang seperti Taiko dan lain sebagainya. Ada Juga acara hiburannya antara lain kuliner Jepang dan lokal serta beberapa tradisi. Melainkan juga seperti permainan Ninja hingga kulinernya. Kami pernah mengadakan acara Ai Matsuri ini di Padang pada tahun 2016 lalu. Dan pengunjungnya mencapai 6000 orang. Antusiasme ini yang menjadikan kami akan menggelar di tujuh kota Indonesia,” ungkap Ai Hasuda seniman dan juga owner Ai Matsuri kepada wartawan beberapa waktu yang lalu.

Pada tahun 2017 ini beberapa kota di Indonesia akan disinggahi Ai Matsuri atau Ai fsetival. Seperti di kota Padang, beberapa atraksi, pagelaran seni dan perlombaaan juga akan digelar.

Ai matsuri atau Ai Fsetival bertujuan untuk merekatkan budaya lokal Indonesia dengan budaya Jepang. “Saya kira ada beberapa kesamaan antara budaya Jepang dan budaya yang ada di berbagai wilayah Indonesia. Ai Matsuri adalah sarana untuk menjembatani dua kebudayaan itu. Dan kami akan selalu akan mengajak kolabotasi dengan seniman loka pada setiap penyelanggaraan festival.” ungkap seniman kelahiran Osaka ini.

Ia menambahkan dalam waktu dekat, dirinya akan pentas di Yogyakarta dengan seniman dari berbagai negara. Di antaranya Didik Nini Thowok dari Yogyakarta dan lain sebagainya. Acara yang bertajuk Kembang Setaman ini dilaksanakan pada 4 Januari 2017 di Pendopo Dinas Kebudayaan Yogyakarta.

Seniman Tradisional Jepang Ai Hasuda


Di antara seniman yang akan turut ambil bagian dalam acara tersebut adalah Shindu Raj dari India, Chakil Squad dari Yogyakarta dan lain sebagainya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini