Sukses

4 Jebolan Piala AFF yang Akan Bela Timnas di SEA Games 2017

Ada beberapa pemain timnas Indonesia yang masih bisa dipakai untuk SEA Games 2017.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia meraih hasil membanggakan di Piala AFF 2016. Walau awalnya tidak diunggulkan, pasukan Alfred Riedl berhasil melaju hingga partai final sebelum dikalahkan oleh Thailand.

Skuat Garuda menemui banyak kendala dalam persiapan ke Piala AFF. Indonesia baru terbebas dari sanksi FIFA. Selain itu, Riedl juga cuma boleh membawa maksimal dua pemain per klub.

Di tengah banyaknya kendala Timnas Indonesia secara luar biasa hanya kalah dari Thailand. Indonesia menyingkirkan Filipina dan Singapura di fase grup, sebelum mendepak kandidat juara Vietnam di semifinal.

Kesuksesan di Piala AFF 2016 menunjukkan masa depan sepak bola tanah air cukup cerah. Pasalnya banyak penggawa timnas yang tampil di Piala AFF 2016 masih berusia muda. Bahkan beberapa diantaranya masih dibawah usia 23 tahun sehingga bisa dibawa ke SEA Games 2017 di Malaysia.

Berikut Penggawa Timnas Indonesia yang Bisa Dibawa ke SEA Games 2017.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Hansamu Yama Pranata

1. Hansamu Yama Pranata

Mantan bek timnas U-19 ini menjadi salah satu pemain muda yang paling bersinar di Piala AFF 2016. Hansamu baru dimainkan Rield sejak babak semifinal. Dia awalnya menggantikan Rudolof Yanto Basna dan Fachruddin Aryanto yang terkena akumulasi kartu.

Namun Hansamu justru tampil cemerlang. Riedl pun mempertahankan Hansamu sebagai starter hingga partai puncak Piala AFF 2016.

Selain tangguh mengawal pertahanan, Hansamu juga rajin mencetak gol. Dia mengoleksi dua gol di Piala AFF 2016. Gol-gol Hansamu lahir dari sundulan menyambut sepak pojok.

Hansamu baru berusia 21 tahun. Tentunya Hansamu masih bisa dipanggil membela timnas di SEA Games 2017.

3 dari 4 halaman

2. Evan Dimas Darmono

2. Evan Dimas Darmono

Evan Dimas bukan pilihan utama Riedl selama Piala AFF 2016. Pemain asal Surabaya ini kalah bersaing dengan Stefano Lilipaly yang jadi langganan starter.

Mantan pemain Timnas U-19 ini jarang dimainkan Rield karena tidak terlalu fit. Evan baru berusia 21 tahun. Dia bakal jadi andalan utama di SEA Games 2016.

Kecerdikan dan kelincahan Evan di lini tengah diharapkan bisa membawa Indonesia merebut medali emas cabang olahraga sepak bola putra SEA Games yang terakhir kali didapat 1991.

4 dari 4 halaman

3. Rudolof Yanto Basna

3. Rudolof Yanto Basna

Basna banyak dikritik selama tampil di Piala AFF 2016. Dia sering membuat blunder di fase grup sehingga akhirnya tergusur oleh Hansamu sejak semifinal.

Meski demikian, Basna masih merupakan salah satu bek terbaik yang dimiliki Indonesia. Jika terus stabil bersama Persib Bandung, pemuda 21 tahun itu hampir pasti akan dibawa ke SEA Games.

Kelebihan lain Basna adalah bisa bermain di beberapa posisi di lini belakang. Selain bek tengah, Basna juga dapat ditempatkan sebagai bek kanan.

4. Teja Paku Alam

Teja sama sekali tidak dimainkan Riedl di Piala AFF 2016. Kiper Sriwijaya FC ini tak mampu menggusur Kurnia Meiga Hermansyah yang jadi kiper utama Timnas Indonesia.

Namun bila bicara level U-23, Teja punya peluang besar jadi kiper nomor satu. Dia tampil gemilang selama turnamen TSC 2016. Teja merupakan salah satu kiper terbaik di TSC 2016.

Teja punya kelebihan jago menggagalkan penalti lawan. Pemain senior Bambang Pamungkas pernah merasakan kehebatan Teja dalam menggagalkan penalti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.