Sukses

Investor Asing Beli Saham Rp 69,5 Triliun, BEI Sebut Indonesia Masih Jadi Tujuan Investasi

BEI menyebutkan, kepercayaan investor asing untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia terus tumbuh.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Iman Rachman mengatakan, pasar modal Indonesia terus mencatatkan kinerja baik pada 2022. Hal itu tercermin dari peningkatan jumlah investor maupun perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Iman juga menjelaskan, kinerja yang baik tersebut juga terlihat dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mengalami pertumbuhan sebesar 6,51 persen secara year to date (ytd). 

"IHSG sempat menyentuh posisi all time high pada 13 September 2022 pada level 7.318. Kinerja ini cukup megembembirakan di tengah sebagian besar saham dunia menunjukkan kinerja negatif,” kata Iman  dalam Pembukaan Capital Market Summit & Expo 2022, Kamis (13/10/2022).

Selain itu, kepercayaan investor asing untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia terus tumbuh. Bahkan, per akhir September 2022, net buy atau aksi beli investor asing yang dicatatkan di pasar saham juga terus meningkat mencapai sebesar Rp 69,5 triliun atau naik hampir dua kali lipat dibandingkan akhir 2021. 

"Hal ini menunjukkan indonesia masih menjadi salah satu tujuan investasi yang baik di mata investor,” kata dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Investor Pasar Modal Sentuh 9,8 Juta

Sebelumnya, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Iman Rachman menuturkan, investor pasar modal saat ini mencapai 9,8 juta SID hingga 11 Oktober 2022. Dari jumlah investor pasar modal itu, 4,3 juta di antaranya merupakan investor saham.

"Per data KSEI pada 11 oktober sepanjang 2022, sudah bertambah 2,3 juta investor baru di pasar modal sehingga total investor pasar modal saat ini berjumlah 9,8 juta SID dengan 4,3 juta di antaranya adalah investor saham,” kata Iman dalam Pembukaan Capital Market Summit & Expo 2022, Kamis (13/10/2022).

Iman menyebutkan, tidak hanya investor saja yang meningkat, tetapi perusahaan yang terdaftar di BEI juga meningkat menjadi 810 perusahaan tercatat. 

"Tidak hanya pertumbuhan investor saja yang bertambah, sampai dengan minggu lalu jumlah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia juga mengalami peningkatan menjadi 810 perusahaan tercatat dengan penambahan baru sebanyak 44 listed company,” kata Iman.

Seiring pulihnya ekonomi Indonesia, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada 2022 menunjukkan pertumbuhan sebesar 6,51 persen year to date. 

 

3 dari 5 halaman

IHSG Sempat Sentuh Posisi Tertinggi Sepanjang Masa

"IHSG sempat menyentuh posisi all time high pada 13 September 2022 pada level 7.318. Kinerja ini cukup megembembirakan di tengah sebagian besar saham dunia menunjukkan kinerja negatif. Selain itu, kepercayaan investor asing untuk berinvestasi di pasar modal indonesia terus tumbuh,” kata dia.

Dia menjelaskan, per akhir September 2022, net buy asing yang dicatatkan di pasar saham juga terus meningkat mencapai sebesar Rp 69,5 triliun atau naik hampir dua kali lipat dibandingkan akhir 2021. Hal ini menunjukkan bahwa indonesia masih menjadi salah satu tujuan investasi yang baik di mata investor.

Iman berharap pasar modal Indonesia bisa memberikan kinerja yang baik sehingga dapat membantu pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi yang dihadapi. 

"Semoga pasar modal kita memberikan kinerja yang baik sehingga dapat membantu pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi yang kita hadapi. Kami juga berharap rangkaian acara Capital Market Summit dan Expo 2022 dapat membantu masyarakat untuk mengetahui bahwa investasi pasmod terbuka untuk semua orang dan dapat dipercaya,” pungkasnya.

4 dari 5 halaman

44 Emiten Baru Raup Dana Rp 21,8 Triliun Melalui IPO

Sebelumnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat hingga 20 September 2022, ada 44 perusahaan yang mencatatkan saham di BEI. Total dana yang dihimpun dari penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) tersebut mencapai Rp 21,8 triliun.

“Hingga 20 September 2022 telah ada 44 perusahaan yang mencatatkan saham di BEI dengan dana yang berhasil dihimpun mencapai Rp 21,8 triliun,” ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna, kepada wartawan ditulis Rabu (21/9/2022).

Saat ini BEI juga proses 29 perusahaan dalam pipeline pencatatan saham di BEI hingga 19 September 2022. Nyoman menambahkan, dari 29 calon perusahaan tercatat dalam pipeline pencatatan saham, beberapa di antaranya menargetkan emisi lebih dari Rp 1 triliun. Untuk sektor sahamnya ada dari sektor energi, teknologi dan keuangan. Namun, Nyoman belum menyampaikan detil mengenai perusahaan tersebut hingga perusahaan itu mendapatkan izin publikasi dari OJK.

Seiring jumlah calon perusahaan tercatat dalam pipeline itu, ia berharap pencatatan saham pada 2022 dapat melebihi pencapaian 2021.

“Dengan mempertimbangkan jumlah perusahaan pada pipeline pencatatan saham, kami berharap jumlah pencatatan saham pada tahun ini dapat melampaui pencapaian pada tahun lalu,” kata dia.

 

5 dari 5 halaman

Sektor Saham

Berdasarkan catatan BEI, berikut klasifikasi aset perusahaan yang saat ini berada dalam pipeline saham merujuk pada POJK Nomor 53/POJK.04/2017:

-4 perusahaan aset skala kecil (aset di bawah Rp 50 miliar)

-7 perusahaan aset skala menengah (aset antara Rp 50 miliar-Rp 250 miliar)

-18 perusahaan aset skala besar (aset di atas Rp 250 miliar)

Rincian sektornya antara lain:

-1 perusahaan dari sektor basic materials

-4 perusahaan dari sektor consumer siklikal

-3 perusahaan dari sektor consumer non siklikal

-2 perusahaan dari sektor energi

-2 perusahaan dari sektor keuangan

-4 perusahaan dari sektor perawatan kesehatan

-2 perusahaan dari sektor industri

-1 perusahaan dari sektor infrastruktur

-1 perusahaan dari sektor properti dan real estate

-5 perusahaan dari sektor teknologi

-4 perusahaan dari sektor transportasi dan logistik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Investor Asing

  • Investor

  • IHSG