Sukses

Elon Musk Batal Beli Twitter, Ada Apa?

Pengacara yang mewakili Elon Musk mengirim surat pada Jumat kepada Vijaya Gadde, kepala pejabat hukum Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Kurang dari tiga bulan setelah setuju untuk membeli Twitter seharga USD 44 miliar atau Rp 658 triliun (asumsi kurs Rp 14.976 per dolar Amerika Serikat) Elon Musk mengatakan ingin keluar. Tidak mengherankan Musk telah mengungkapkan penyesalan pembeli sejak dia mengumumkan kesepakatan itu.

Pengacara yang mewakili Musk mengirim surat pada Jumat kepada Vijaya Gadde, kepala pejabat hukum Twitter, menjelaskan mengapa CEO Tesla dan orang terkaya di dunia tidak berencana untuk melanjutkan perjanjian merger.

Mengulangi argumen yang dibuat Musk, pengacara mengklaim Twitter meremehkan jumlah bot dan akun spam di platform. Hanya beberapa minggu setelah Twitter menerima tawaran yang tidak diminta pada akhir April, Elon Musk mulai secara terbuka mengungkapkan keraguan tentang penghitungan akun palsu dan spam perusahaan.

"Singkatnya, Twitter tidak memberikan informasi yang diminta Musk selama hampir dua bulan, terlepas dari klarifikasi berulang dan terperinci yang dimaksudkan untuk menyederhanakan identifikasi, pengumpulan, dan pengungkapan Twitter atas informasi paling relevan yang dicari dalam permintaan awal Mr. Musk," tulis pengacara pada Jumat, dikutip dari CNBC, Minggu (10/7/2022).

Mereka menambahkan informasi yang tidak akurat yang diberikan oleh Twitter dalam pengungkapan SEC dapat membentuk dasar tambahan untuk mengakhiri Perjanjian Penggabungan.

Kembali pada Mei, Musk mengatakan dalam sebuah tweet, kesepakatan Twitter untuk sementara ditunda, detail yang tertunda yang mendukung perhitungan bahwa akun spam atau palsu memang mewakili kurang dari 5 persen pengguna.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saham Twitter Merosot

Sementara itu, saham perusahaan anjlok karena kekhawatiran investor kesepakatan itu akan berantakan. Sehari sebelum Musk mengatakan kesepakatan itu ditahan, kapitalisasi pasar Twitter menukik ke USD 9 miliar atau Rp 134 triliun di bawah harga pembelian Musk yang kira-kira USD 44 miliar atau Rp 658 triliun. Itu tidak membantu pasar yang lebih luas jatuh, dipimpin oleh jatuhnya saham teknologi.

Saham Twitter turun 5 persen lagi setelah jam kerja pada Jumat menjadi USD 35,04 setelah turun lebih dari 5 persen dalam perdagangan reguler. Saham Twitter sekarang 35 persen di bawah harga USD 54,20 yang disetujui Musk untuk dibayar.

Twitter tidak siap untuk membiarkan Musk pergi. Chairman Twitter, Bret Taylor  mengatakan, pada Jumat Twitter akan melanjutkan kasus ini ke pengadilan.

"Dewan Twitter berkomitmen untuk menutup transaksi pada harga dan persyaratan yang disepakati dengan Mr Musk dan berencana untuk mengambil tindakan hukum untuk menegakkan perjanjian merger," tulis Taylor dalam sebuah tweet. 

"Kami yakin kami akan menang di Pengadilan Kanser Delaware,” ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Kata Analis

Beberapa analis memandang pernyataan publik Musk tentang akun spam Twitter sebagai cara mudah untuk menyelamatkan karena nilai perusahaan merosot.

Toni Sacconaghi dari Bernstein mengatakan di "Squawk Box” CNBC, dia yakin Musk sedang melakukan taktik negosiasi, berharap Twitter pada akhirnya akan menurunkan harga jualnya.   

"Pasar telah turun banyak," kata Sacconaghi saat itu. "Dia mungkin menggunakan kedok pengguna aktif sejati sebagai taktik negosiasi,” tambahnya.

Musk terus menarik perhatian pada apa yang dia katakan sebagai masalah utama dari penghitungan akun spam yang kurang, yang menunjukkan bahwa dia memandang masalah tersebut sebagai hambatan untuk menyelesaikan akuisisi.

Pada pertengahan Mei, dia kembali mengungkapkan kepada audiensnya yang berjumlah lebih dari 100 juta pengikut Twitter keraguannya tentang akun spam Twitter. Dia menuduh pada saat itu bahwa CEO Twitter Parag Agrawal menolak untuk menunjukkan bukti bahwa hanya kurang dari 5 persen akun adalah akun palsu atau spam.

"Kemarin, CEO Twitter secara terbuka menolak untuk menunjukkan bukti <5 persen," tweet Musk. 

"Kesepakatan ini tidak dapat dilanjutkan sampai dia melakukannya," katanya.

4 dari 4 halaman

Terkait Akun Palsu

Kemudian, pada Juni, Musk kembali secara terbuka mengomentari prevalensi akun palsu dan spam di Twitter, mengatakan di acara Bloomberg bahwa "Kami masih menunggu resolusi tentang masalah itu, dan itu adalah masalah yang sangat signifikan,”.

Awal pekan ini, The Washington Post melaporkan Musk dan rekan-rekannya tidak dapat memverifikasi statistik spam Twitter dan kesepakatan itu dalam bahaya, menyebabkan saham Twitter turun 4 persen.

Ini nada yang jauh berbeda dari yang diambil Musk ketika dia secara agresif mengejar kesepakatan awal tahun ini. Pada April, dia mengirim surat kepada Taylor yang menyatakan keyakinannya bahwa bisnis perlu diubah sebagai perusahaan swasta dan bahwa platform pengiriman pesan berpotensi menjadi platform untuk kebebasan berbicara di seluruh dunia.

"Twitter memiliki potensi yang luar biasa,” kata Musk saat itu. "Aku akan membukanya."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.