Sukses

Terungkap, Alasan Unicorn Enggan Catatkan Saham di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, kendati Indonesia memiliki banyak perusahaan rintisan (startup) baru ada satu perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Yakni PT Bukalapak.com (BUKA). Melantainya BUKA di pasar modal tanah air diharapkan dapat memicu startup lainnya untuk mencatatkan saham perusahaan di BEI.

Kepala Unit Pengembangan Startup dan SME BEI, Aditya Nugraha menuturkan, Bursa berupaya untuk mengakomodasi keperluan startup baik unicorn maupun decacorn untuk mencatatkan saham di pasar modal Indonesia

Anug, begitu panggilan akrabnya, menilai IPO merupakan langkah yang strategis, sehingga tiap-tiap perusahaan rintisan ini perlu persiapan yang berbeda.

"Keputusan untuk IPO adalah keputusan strategis sehingga masing-masing unicorn atau decacorn perlu internal preparation yang masing-masing beda,” kata dia dalam Webinar AMVESINDO, dikutip Sabtu (18/9/2021).

Selain itu, sedikitnya startup yang IPO di Indonesia lantaran memiliki induk atau holding di luar negeri. Sehingga, kata Anug, ini menjadi pertimbangan perusahaan dari sisi ekonomi.

"Perbedaan lokasi badan hukum ini menjadi salah satu pertimbangan perusahaan, khususnya dari segi ekonomi," kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masalah Valuasi

Kepala Divisi Investment Banking Capital Market 2 Mandiri Sekuritas, Primonanto Budi Atmojo mengatakan, sebab lainnya yakni terkait valuasi. Sebelum mengeksekusi IPO Bukalapak, Primonanto mengaku sempat berbicara dengan sejumlah unicorn dan mendapati unicorn-unicorn tersebut fokus pada valuasi.

“Jadi mereka masih memiliki pandangan bahwa investor di Indonesia, Southeast Asia, belum begitu mengerti industri ini. Sehingga valuasi yang kemungkinan didapat oleh mereka tidak optimal. Makanya mereka banyak lari akhirnya menggunakan SPAC di US,” kata dia.

Salah satu unicorn tanah air, Traveloka, juga sempat berencana untuk melakukan IPO di Bursa AS melalui merger dengan Bridgetown Holdings Ltd., sebuah perusahaan cek kosong disebut juga perusahaan akuisisi bertujuan khusus atau SPAC yang didukung oleh miliarder Richard Li dan Peter Thiel. Namun, baru-baru ini Traveloka membatalkan rencana tersebut, menurut sumber yang enggan disebutkan namanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.

    pasar modal

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Startup adalah perusahaan rintisan yang didukung oleh layanan digital.

    Startup

  • IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering.

    IPO