Sukses

Harga Bitcoin Kembali Sentuh Posisi USD 40 Ribu, Ada Apa?

Pada Selasa 15 Juni 2021, harga bitcoin berhasil meningkat menjadi USD 40,343 setelah mengalami kenaikan 2 persen dibandingkan Senin 14 Juni 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah turun selama beberapa pekan, harga bitcoin akhirnya berhasil menyentuh level USD 40 ribu atau sekitar Rp 570,37 juta (asumsi kurs Rp 14.259 per dolar AS). Angka tersebut terakhir disentuh pada 18 Mei 2021.

Seperti dilansir Investopedia, Rabu (16/6/2021),  peningkatan harga bitcoin yang terjadi menandai perbaikan setelah mencapai rekor tertinggi pada April.

Pada Selasa 15 Juni 2021, harga bitcoin berhasil meningkat menjadi USD 40,343 setelah mengalami kenaikan 2 persen dibandingkan Senin 14 Juni 2021. Pencapaian tersebut membuat harga bitcoin telah mengalami kenaikan 37,5 persen sejak awal tahun ini.

Pendakian Bitcoin dimulai pada Minggu pagi ketika diperdagangkan di angka USD 35.000. Pada Senin, mata uang bitcoin ini telah mencatat kenaikan 17 persen dan melewati USD 40.000.

Salah satu faktor kenaikan yang terjadi ialah tweet CEO Tesla, Elon Musk. Dalam cuitannya, Ia menyebut konsumsi energi dan kerusakan lingkungan menyertai penambangan bitcoin.

Oleh karena itu, Ia tidak akan lagi mengizinkan Tesla dibeli dengan bitcoin. Setelah berhari-hari mengalami penurunan, Musk akhirnya membagikan informasi terbaru bila perusahaannya mungkin akan kembali mengizinkan transaksi Bitcoin jika ada konfirmasi penggunaan energi bersih yang wajar (sekitar 50 persen) oleh para penambang dengan tren masa depan yang positif.

Pada Senin pagi, manajer hedge fund Paul Tudor Jones juga menjadi sentimen positif. Jones diketahui melakukan investasi sebanyak 2 persen dari aset bersihnya pada bitcoin. Dalam pernyataannya, Ia juga menyebut, cryptocurrency sebagai pengdiversifikasi yang hebat.

"Semua orang bertanya kepada saya apa yang harus saya lakukan dengan bitcoin saya. Satu-satunya hal yang saya tahu pasti adalah bahwa saya ingin 5 persen emas, 5 persen bitcoin, 5 persen tunai, 5 persen komoditas,” katanya kepada CNBC.

Tudor Jones adalah salah satu investor institusional dan pemilik dana lindung yang beralih dari instrumen keuangan tradisional menuju bitcoin. Penilaian positif beberapa investor terhadap Bitcoin telah dilengkapi dengan beragam penawaran kripto oleh perusahaan investasi.

Misalnya, State Street baru-baru ini meluncurkan divisi baru yang akan menawarkan layanan terkait keuangan terdesentralisasi dan ekonomi digital. Bank investasi terkemuka Goldman Sachs menawarkan eksposur berjangka bitcoin kepada klien. Harga bitcoin telah melintasi rekor tertinggi di atas USD 63.000 dan terendah di bawah USD 32.000 dalam periode dua bulan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penambang Bitcoin Bakal Hijrah ke Texas

Sebelumnya, China telah lama menjadi rumah bagi lebih dari separuh penambang bitcoin dunia. Akan tetapi, pemerintah China sekarang ingin penambang itu keluar secepatnya.

Pada Mei 2021, pemerintah menyerukan tindakan keras terhadap penambangan dan perdagangan bitcoin. Hal itu memicu apa yang disebut di kalangan crypto atau kripto sebagai ‘migrasi penambangan besar-besaran’. Eksodus ini sedang berlangsung sekarang bisa menjadi pengubah permainan untuk pasar kripto di Texas.

Meskipun kurangnya cadangan sempat menyebabkan pemadaman listrik berhari-hari pada musim dingin lalu. Dilansir dari CNBC, Rabu, 16 Juni 2021, Texas dikenal memiliki harga energi terendah di dunia dan pangsa terbaru mereka terus tumbuh. pada 2019, 20 persen energi berasal dari angin.

Hal itu menimbulkan deregulasi jaringan listrik yang memungkinkan pelanggan memilih penyedia listrik. Ditambah,  para pemimpin politik negara tersebut sangat pro kripto. Kondisi inilah yang diimpikan penambang yang mencari sumber energi ramah dan murah.

"Anda akan melihat perubahan dramatis selama beberapa bulan ke depan,” kata Brandon Arvanaghi, yang sebelumnya merupakan insinyur keamanan di bursa kripto Gemini. 

" Kami memiliki Gubernur seperti Greg Abbott di Texas yang mempromosikan pertambangan. Ini akan menjadi industri nyata di Amerika Serikat, yang akan menjadi luar biasa,” ia menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • harga bitcoin