Sukses

Kata Analis Terkait Perusahaan Lebih Memilih IPO Meski Target Dana Kecil

Mayoritas perusahaan yang melantai di BEI hingga kuartal I 2021 mencatatkan perolehan dana IPO yang belum terlalu besar.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) berharap 54 perusahaan yang akan melakukan initial public offering (IPO) atau penawaran saham perdana pada 2021.

Meski demikian, mayoritas perusahaan yang melantai di BEI hingga kuartal I 2021 mencatatkan perolehan dana IPO yang belum terlalu besar.

Seperti PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk (DGNS) yang mendapatkan dana Rp 50 miliar dari IPO. Lalu ada PT Damai Sejahtera Abadi Tbk yang memperoleh dana IPO Rp 46,26 miliar. Selanjutnya ada PT Ulima Nitra Tbk (UNIQ) yang memperoleh pendanaan Rp 35,4 miliar dari IPO.

Melihat hal ini, Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama menyebut terdapat sejumlah faktor hingga akhirnya perusahaan memutuskan IPO.

"Ketika mereka sudah tercatat dalam bursa mereka sudah mendapatkan keringanan fiskal yang bisa meringankan cost emiten itu sendiri," katanya kepada Liputan6.com, ditulis Jumat, (26/3/2021).

Selain itu, Nafan menegaskan bila mencari pendanaan dari bursa efek jauh lebih mudah dibandingkan mengajukan pinjaman ke bank karena terdapat sistem bunga.

Meski demikian, Ia menegaskan investor untuk memperhatikan dengan benar kinerja fundamental perusahaan sebelum memutuskan melantai di BEI.

"Kalau kinerja fundamentalnya sudah cukup baik berarti sudah bisa menyakinkan investor untuk melakukan investasi. Jadi memang bagus untuk mendapatkan pendanaan," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tergantung Kinerja Emiten

Saat disinggung beberapa perusahaan yang sudah melantai memiliki target dana yang tergolong kecil, Nafan mengaku bila itu semua tergantung dari kinerja emiten itu sendiri.

"Tergantung book buildingnya. Kalau masalah target pendanaan. Jadi balik lagi ke emiten ini, penetrasi di pasar bagaimana, bagus tidak, kuat tidak, jadi sudah tercipta sesuatu yg positif," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering.

    IPO

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • perusahaan