Sukses

Mengekor Wall Street, Bursa Asia Menguat

Liputan6.com, Wellington - Saham-saham di kawasan Asia Pasifik (Bursa Asia) menguat terimbas sentimen regional dimana bursa di Amerika Serikat (AS) juga menguat karena membaiknya data ekonomi.

Indeks MSCI Asia Pasifik yang menjadi acuan bursa Asia naik 0,1 persen pada pukul 09.47 waktu Tokyo, Jepang. Penguatan ini merupakan penguatan hari kedua yang didorong oleh saham di Jepang.

Analis AMP Capiltal Investors Ltd, Shane Oliver menjelaskan, penguatan beberapa indeks terjadi karena didorong oleh kenaikan di saham-saham konsumen.

Investor melihat bahwa penurunan harga minyak yang terjadi saat ini membuat emiten yang bergerak di sektor konsumer mengalami penurunan biaya operasional. Hal tersebut membuat proyeksi laba yang akan didapat bisa terdongkrak.

"Di Amerika ada keyakinan pertumbuhan ekonomi yang lebih besar dari perkiraan awal sehingga mendorong investor untuk melakukan aksi beli," tuturnya. Dengan adanya sentimen yang cukup positif di Amerika tersebut mendorong indeks di negara lain.

Membaiknya data di Amerika tersebut juga menyerempet ke negara-negara lain. Para investor melihat bahwa kemungkinan besar ekonomi di Eropa, Jepang dan juga China tidak akan seburuk yang digambarkan semula. (Gdn)