Sukses

Mengenal Lebih Jauh Yuru Kyara, 7 Maskot Asal Jepang Terpopuler

Maskot adalah simbol atau representasi yang digunakan untuk mewakili suatu entitas, seperti perusahaan, tim olahraga, lembaga, atau acara tertentu.

Liputan6.com, Bandung - Bukan Jepang namanya jika tidak menghasilkan produk yang cetar membahana hingga popler di dunia. Salah satunya adalah yuru kyara atau maskot asal Jepang.

Siapa yang tidak mengenal Chiitan? Karakter fairy baby otter yang lucu dan agak brutal ini berseliweran di platform Twitter alias X. Tentunya pengguna aktif media sosial ini sudah tidak asing dengan bentukannya.

Namun tak hanya Chiitan, ternyata masih banyak maskot asal Jepang lainnya. Berikut 7 maskot asal Jepang dicuplik dari Japanese Station, Sabtu, 22 Juni 2024.

1. Domo-kun

Pengguna BlackBerry mungkin akan merasa familiar dengan maskot yang satu ini. Mulut yang terbuka dengan gigi bergerigi bisa membuatmu teringat dengan Screen Muncher, salah satu aplikasi yang populer di kalangan pengguna BlackBerry.

Maskot resmi dari stasiun televisi nasional, NHK, ini dikenalkan pertama kali tahun 1998. Popularitas yang didapatkan Domo-kun membuatnya dinobatkan sebagai lambang budaya pop Jepang.

2. Kumamon

Maskot beruang dengan pipi merah merona ini merupakan maskot resmi dari Prefektur Kumamoto. Di tahun 2010, sosok Kumamon pertama kali muncul untuk mempromosikan Kyushu Shinkansen.

Sebagai maskot, Kumamon ternyata menghasilkan banyak sekali uang loh! Sejak tahun 2011 hingga 2019, penjualan merchandise Kumamon telah mencapai angka 875,8 miliar yen.

3. Miraitowa dan Someity

Duo maskot yang satu ini merupakan maskot resmi untuk perhelatan Tokyo 2020 lalu. Dirancang oleh seniman Ryo Taniguchi, Miraitowa yang berwarna putih-biru tua ini melambangkan masa depan dan kekekalan, sementara Someity dengan sentuhan warna merah muda ini melambangkan Bunga Sakura.

4. Sanomaru

Anjing putih lucu dengan mangkuk ramen tumpah di kepalanya ini menjadi maskot kota Sano dari Prefektur Tochigi. Memakai bawahan seperti samurai dan membawa imo-furai benar-benar membuat Sanomaru melambangkan kota Sano dengan budaya dan kuliner lokalnya. Di tahun 2013, Sanomaru berhasil membawa pulang gelar juara Yuru-Chara Grand Prix, loh!

5. Shinjo-kun

Berang-berang lucu yang satu ini telah menjadi maskot resmi kota Susaki di Prefektur Kochi sejak tahun 2013. Maskot lucu ini sangat hobi menari dan berenang.

Shinjo-kun juga bercita-cita pergi mengelilingi Jepang untuk mencari saudara berang-berangnya yang lain. Pada tahun 2016, Shinjo-kun berhasil memenangkan Yuru-Chara Grand Prix.

6. Hikonyan

Maskot kucing super menggemaskan ini berasal dari kota Hikone dan diciptakan untuk merayakan 400 tahun berdirinya Kastil Hakone.

Katanya, maskot Hikonyan ini terinspirasi dari cerita tentang penguasa Hikone yang diselamatkan dari sambaran petir oleh seekor kucing putih. Maskot kesayangan kota Hikone ini telah mendatangkan banyak wisatawan, loh.

7. Okazaemon

Penampilannya yang nyentrik membuat Okazaemon menjadi maskot yang unik, lucu, sekaligus menyeramkan. Maskot dari kota Okazaki di Prefektur Aichi ini punya penampilan rambut berbentuk helm dan pupil mata yang besar. Meski agak menyeramkan, Okazaemon tetap mendapatkan popularitasnya di Jepang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Maskot

Dilansir Agrotek, maskot adalah simbol atau representasi yang digunakan untuk mewakili suatu entitas, seperti perusahaan, tim olahraga, lembaga, atau acara tertentu.

Penggunaan maskot bertujuan untuk mengidentifikasi, mempromosikan, atau memperkuat identitas dari entitas yang diwakilinya.

Para ahli memiliki beragam pandangan tentang pengertian maskot, dan berikut ini adalah penjelasan secara lengkap pengertian maskot menurut beberapa ahli:

1. Ahli Ilmu Komunikasi

Menurut para ahli ilmu komunikasi, maskot adalah salah satu bentuk dari alat komunikasi visual. Maskot digunakan untuk menyampaikan pesan atau nilai-nilai tertentu kepada audiens dengan cara yang mudah diingat dan diidentifikasi.

Dalam hal ini, maskot berfungsi sebagai simbol yang dapat membangun kesan dan hubungan emosional antara entitas yang diwakilinya dengan khalayak.

2. Ahli Pemasaran

Dalam konteks pemasaran, maskot adalah karakter atau ikon yang digunakan untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan.

Maskot ini seringkali dirancang agar bisa menjadi daya tarik dan ikonik bagi konsumen. Contohnya adalah Ronald McDonald yang merupakan maskot dari restoran cepat saji McDonald’s.

Maskot seperti ini membantu menciptakan pengenalan merek dan menciptakan ikatan emosional dengan pelanggan.

3. Ahli Psikologi

Dalam pandangan psikologi, maskot dapat memainkan peran dalam menciptakan ikatan emosional dan menghasilkan perasaan positif pada individu.

Maskot sering digunakan dalam situasi di mana perasaan kenyamanan, kepercayaan, atau kesenangan ingin dicapai.

Misalnya, maskot dalam taman bermain atau perusahaan mainan anak-anak bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak.

4. Ahli Desain Grafis

Dari perspektif desain grafis, maskot adalah karakter visual yang dirancang dengan cermat agar memiliki daya tarik estetika dan dapat dikenali dengan mudah.

Desainer grafis biasanya mempertimbangkan elemen-elemen seperti warna, bentuk, dan ekspresi wajah untuk menciptakan maskot yang efektif.

5. Ahli Budaya Populer

Dalam budaya populer, maskot sering digunakan dalam acara olahraga, festival, atau acara hiburan lainnya. Maskot ini berfungsi untuk mewujudkan semangat dan kegembiraan dalam acara tersebut.

Misalnya, maskot Olimpiade adalah salah satu contoh terkenal dari maskot yang digunakan untuk mewakili dan mempromosikan acara Olimpiade.

6. Ahli Sejarah

Sejarawan juga dapat melihat maskot dari perspektif sejarah. Maskot bisa menjadi lambang sejarah atau tradisi suatu daerah atau organisasi.

Mereka mungkin juga mewakili nilai-nilai dan budaya yang ada dalam entitas yang diwakilinya. Dalam semua konteks, maskot adalah sebuah simbol yang memiliki tujuan komunikatif tertentu.

Mereka dapat membantu menciptakan identitas, mempromosikan merek atau acara, membangun hubungan emosional, dan bahkan memainkan peran dalam sejarah atau budaya.

Kegunaan maskot dapat sangat bervariasi tergantung pada entitas yang diwakilinya dan tujuan penggunaannya.

 

3 dari 3 halaman

Sejarah Maskot

Sejarah maskot mencakup perjalanan panjang yang melibatkan berbagai budaya, tujuan, dan peran. Maskot telah ada dalam berbagai bentuk dan konteks selama berabad-abad. Untuk memahami sejarah maskot, kita dapat membaginya menjadi beberapa era utama, yaitu:

1. Era Kuno

Maskot memiliki akar yang sangat kuno dalam budaya manusia. Contohnya, dalam budaya Mesir Kuno, hewan-hewan suci seperti kucing dan elang sering digunakan sebagai maskot dalam upacara keagamaan.

Mereka dianggap memiliki kekuatan pelindung dan simbolisme tertentu. Demikian pula, dalam budaya Yunani Kuno, bangsa Yunani memiliki maskot berupa berbagai dewa dan makhluk mitos seperti Athena, dewi kebijaksanaan, yang dianggap melindungi kota Athena.

2. Era Perang dan Keberuntungan

Pada era pertempuran dan perang, maskot sering digunakan oleh prajurit untuk membawa keberuntungan dan perlindungan di medan perang. Ini bisa berupa patung kecil, hewan peliharaan, atau benda-benda berharga.

Maskot semacam ini diyakini dapat memberikan perlindungan dari bahaya dan memberikan keberuntungan dalam pertempuran.

3. Era Olahraga

Penggunaan maskot dalam konteks olahraga modern dimulai pada akhir abad ke-19. Maskot tim olahraga, seperti maskot universitas dan tim olahraga profesional, digunakan untuk memberikan identitas kepada tim dan menciptakan semangat pendukung.

Maskot sering diwujudkan dalam bentuk karakter kostum besar yang menghibur penonton selama pertandingan.

4. Era Pemasaran

Pada abad ke-20, maskot semakin digunakan dalam dunia pemasaran dan periklanan. Merek dan perusahaan menggunakan karakter maskot untuk mempromosikan produk dan menciptakan identitas merek yang kuat.

Salah satu contoh terkenal adalah “Mickey Mouse” dari Disney, yang menjadi ikon perusahaan dan salah satu maskot terkenal dalam sejarah.

5. Era Hiburan dan Acara Khusus

Maskot juga menjadi penting dalam acara hiburan seperti Olimpiade dan Piala Dunia. Maskot ini dirancang untuk menciptakan semangat dan identitas unik bagi acara tersebut.

Sebagai contoh, maskot Olimpiade pertama kali muncul pada Olimpiade Musim Panas Munich 1972 dengan karakter “Waldi,” seekor anjing dachshund berwarna-warni.

6. Era Digital

Dalam era digital, maskot dapat menjadi karakter dalam permainan video, media sosial, dan situs web. Mereka sering digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna, memberikan panduan, atau hanya untuk menghibur.

Contohnya adalah maskot seperti “Clippy” dari Microsoft Office atau karakter-karakter dalam aplikasi perpesanan.

Dalam perkembangan selanjutnya, maskot telah menjadi lebih kompleks dalam desain dan peran mereka. Mereka juga terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan budaya.

Meskipun fungsinya beragam, maskot tetap menjadi simbol yang membangun identitas, memperkuat hubungan emosional, menciptakan daya tarik di berbagai aspek kehidupan , termasuk olahraga, periklanan, dan hiburan.

Sejarah maskot adalah cerminan dari bagaimana manusia telah menggunakan imajinasi dan kreativitas untuk menciptakan simbol yang kuat dalam berbagai konteks sepanjang sejarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.