Sukses

Ini Cerita Alvin Fernandez Komar, Arsitek Muda yang Tekuni Dunia Influencer

Arsitek muda asal Bandung, Alvin Fernandez Komar merintis jalan menggapai kesuksesan karier dengan terjun sebagai influencer.

Liputan6.com, Bandung - Sambil menyelam minum air.  Itulah pepatah yang menggambarkan seorang pemuda asal Bandung bernama Alvin Fernandez Komar dalam merintis jalan menggapai kesuksesan karier.

Alvin adalah salah satu dari sekian banyak orang yang menekuni profesi sebagai influencer atau konten kreator. Namun ia tidak menjadikan profesi ini sebagai bisnis utama, melainkan kegiatan sampingan di sela kesibukan sebagai arsitek dan dosen di sebuah perguruan tinggi swasta.

Di era digital yang semakin berkembang, profesi influencer semakin populer dan diminati banyak orang. Tak hanya di bidang hiburan, profesi ini semakin meluas dan mulai merambah ke bidang lain.  Potensi dan pendapatan dari profesi influencer ini memang cukup menggiurkan, seiring perkembangan media digital yang semakin pesat.

Fenomena ini pula yang ditangkap Alvin untuk kemudian memanfaatkan aktivitas sebagai arsitek dan menyalurkan hobinya yang sering jalan-jalan ke berbagai pelosok daerah. Di saat travelling, Alvin kerap membuat konten inspiratif untuk diunggah ke akun Instagram @gionandez_al.

“Karena profesi sebagai arsitek, saya sering mendapat proyek di luar kota khususnya di pelosok,  seperti ke daerah Lampung, Pekanbaru dan Bali. Jadilah tertarik, kenapa enggak bikin konten aja sekalian jalan-jalan,” ujar Alvin, Jumat (5/5/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbagai Macam Manfaat

Menurut Alvin, banyak manfaat yang bisa diperolehnya dari aktivitas perjalanan ke pelosok daerah, mulai dari ilmu, pengalaman dan juga peluang bisnis.  

“Dari aktivitas traveling ini banyak yang  bisa diambil ilmunya untuk karier saya, baik sebagai seorang arsitek maupun dosen,” ujarnya.

Sejak rutin mulai membuat konten pada tahun 2020, pria yang pernah menjadi 3rd runner up Gentleman of Indonesia 2018 ini sudah mulai memetik hasil dari kerja kerasnya.  Dia mendapatkan tawaran kerja sama dari beberapa brand fashion dan hotel. “Saya sudah bekerja sama dengan beberapa brand outdoor. Saya juga sering disponsori untuk traveling sampai ditawari hotel mewah untuk bisa staycation,” paparnya.

Diakui Alvin, potensi penghasilan dari influencer ini masih sangat besar.  Namun, ia belum berpikir untuk menjadikan profesi ini sebagai bisnis utama. “Sejujurnya, kalau ditekuni lebih dalam sangat berpotensi. Namun saya lebih menjadikan ini sebagai hobi saja. Karena sumber penghasilannya masih dari pekerjaan tetap,” papar pria yang juga pernah aktif di dunia televisi dan modelling ini.

Ke depan, Alvin berharap bisa lebih banyak membuat konten  bermanfaat dan mendapat kesempatan mengeksplorasi daerah dan tujuan wisata yang baru. 

“Ingin lebih luas lagi travelingnya ke destinasi-destinasi yang belum banyak dikunjungi sambil mempelajari budaya dan arsitektur lokal.  Saya juga ingin memperkenalkan pariwisata setempat, tentunya sambil staycation,” papar pria yang pernah menjadi 1st runner-up Mister Icon World 2018 itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.