Sukses

Semangat Bunaken Bangkit Usai Terpukul Pandemi

Dandim 1309 Manado meninjau Pulau Bunaken, salah satu objek wisata unggulan yang penah menjadi primadona.

Liputan6.com, Manado - Taman Nasional Bunaken menjadi ikon sekaligus salah satu penggerak ekonomi di Sulawei Utara. Namun pandemi Covid-19 memukul roda ekonomi di sana. Sejumlah pihak menaruh perhatian, termasuk Dandim 1309 Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono.

Mulai bertugas sekitar dua pekan sebagai Dandim 1309 Manado, Himawan Teddy Laksono turun lapangan dan meninjau Pulau Bunaken, salah satu objek wisata unggulan yang penah menjadi primadona.

HTL, sapaan akrab Himawan, Selasa (28/3/2023), mendatangi tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kota Manado, Sulut.

Kunjungan Dandim 1309 Manado ini untuk meningkatkan sinergitas serta menjalin hubungan silaturahmi dengan komponen masyarakat, termasuk mendengar cerita warga terkait persoalan di salah satu wilayah teritorialnya, yakni di Bunaken.

“Diharapkan melalui kegiatan ini menjadi ruang diskusi dalam mencari penyelesaian terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat Kepulauan Bunaken,” ujar HTL.

Kelurahan Bunaken merupakan salah satu area yang berada di wilayah Manado Kepulauan, di mana Dandim 1309 Manado dan rombongan menuju desa tersebut melalui perjalanan transportasi laut.

HTL mengatakan, dengan adanya dialog tersebut masyarakat menyampaikan informasi terkait kondisi daerahnya. Juga bisa mengakses bantuan bantuan dari Kodim, pemerintah daerah, maupun pihak swasta mewujudkan pembangunan di Bunaken menjadi lebih baik.

Dalam kesempatan itu, Imam Masjid Al Munawarah Bunaken Sunarya Tekol mengaku senang dan bangga bisa dikunjungi langsung oleh Dandim 1309 Manado dan rombongan.

Menurutnya, tidak hanya TNI, semua komponen bangsa lainnya memilik tanggung jawab yang sama atas keselamatan bangsa dan negara.

“Dengan demikian, akan terjalin sinergitas yang kuat untuk membangun Indonesia yang lebih maju,” ujarnya.

Hal senada disampaikan pengelola homestay, Sonya Wolok. Dia juga berharap agar roda perekonomian di Bunaken kembali bangkit, setelah sebelumnya terpukul oleh pandemi Covid-19.

“Terima kasih atas kunjungan ke tempat kami, bapak Komandan Kodim Manado bersama rombongan. Harapan kami Bunaken kepulauan kembali bangkit,” ujar Sonya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.