Sukses

Piala Dunia U-20, Ketum PSSI Pimpin Panitia Lokal

Ketuma Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Erick Thohir memimpin langsung panitia pelaksanaan lokal (LOC) Piala Dunia U-20 menjelang turnamen bergengsi agar lebih efektif.

Liputan6.com, Jakarta - Ketuma Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Erick Thohir memimpin langsung panitia pelaksanaan lokal (LOC) Piala Dunia U-20 menjelang turnamen bergengsi agar lebih efektif.

"Kini, saya memimpin langsung LOC agar mempermudah koordinasi dan pembagian tugas dengan INAFOC, supaya koordinasi LOC dan INAFOC efektif dan efisien, termasuk pembagian tugas agar tidak 'overlapping'. Ini seperti apa yang terjadi saat Asian Games 2018, antara INASGOC dan KOI," ujar Erick dikutip dari laman PSSI.

Erick mengatakan, langkah cepat dengan memotong alur birokrasi penting untuk dilakukan. Menurutnya, hal tersebut dilakukan demi kesuksesan pelaksanaan Piala Dunia U20 yang tinggal berselang 81 hari sebelum pelaksanaan.

"Piala Dunia U-20 di mana kita akan menjadi tuan rumah adalah saat kita menunjukkan kembali kepada dunia bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik, yang sukses menyelenggarakan kompetisi dengan kualitas terbaik. Tidak boleh gagal," tutur Erick.

Lebih lanjut, Menteri BUMN itu mengatakan dirinya langsung memimpin panitia lokal pihaknya dengan INAFOC demi menghindari tumpang tindih anggaran.

"Supaya kita semua tertib. Mana budget pemerintah dan budget sponsor, baik yang berasal dari sponsor FIFA maupun sponsor lokal. Semua budget itu tidak boleh tercampur. Hanya saja soal opening dan closing ceremony, kami sudah serahkan ke INAFOC" jelasnya.

Mantan Presiden klub Intermilan itu menjamin bahwa penggunaan dana untuk Piala Dunia U-20 harus transparan demi menjaga kepercayaan.

"Karena bagaimanapun untuk event-event yang dibuat FIFA pasti ada standarnya. Ingat ya, standar FIFA, bukan standar Indonesia sehingga harus kita ikuti. Ini adalah pintu kita untuk bisa ikut bidding Piala Dunia, maka kita harus memastikan semua berjalan dengan baik," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Timnas Indonesia TC di Luar Negeri

Erick Thohir mengungkapkan rencana Timnas Indonesia sebelum mengikuti Piala Dunia U-20 2023. Timnas U-20 bakal menjalani pemusatan latihan di luar negeri.

Erick Thohir mengaku telah bertemu secara langsung dengan para pemain dan pelatih. Erick melihat ada mentalitas yang baik di antara para pemain.

“Saya langsung ketemu dengan pemain dan pelatih. Saya dan mereka sepakat bahwa ini (Piala Dunia U-20) bukan hanya event sepak bola, tapi ada Merah Putih yang dipertaruhkan. Saya bisa melihat api semangat membara di mata para pemain,” ungkap Erick dalam sesi jumpa pers yang diadakan oleh Surya Citra Media (SCM) selaku pemegang hak siar resmi Piala Dunia U20 2023 di Studio Lantai 8 SCTV Tower, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Garuda Muda saat ini sedang berada di Uzbekistan untuk mengikuti ajang Piala Asia U-20. Erick menyampaikan, sepulangnya dari Uzbekistan, mereka akan mengikuti training camp di luar negeri untuk mengikuti ajang Piala Dunia U20 2023.

“Saat ini mereka sedang ada di Uzbekistan untuk berkompetisi dalam ajang Piala Asia U-20. Nanti habis itu mereka akan mengikuti training camp di negara yang belum bisa saya kasih tau, itu gimana nanti coach Shin Tae-Yong. Dan bakal ada persiapan khusus untuk Piala Dunia,” ujar Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.