Sukses

Berantas Covid-19 hingga Tuntas, Wali Kota Bandung Minta Warga Segera Vaksin Booster Kedua

Liputan6.com, Bandung - Wali Kota Yana Mulyana meminta warga Kota Bandung agar segera menjalani vaksin penguat (booster) kedua yang dimulai pada hari ini, Senin (24/1/2023).

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Kementerian Kesehatan yang terbit 20 Januari 2023, vaksin booster kedua itu diperuntukkan bagi warga berusia 18 tahun ke atas.

Yana mengingatkan kepada seluruh kelompok masyarakat bahwa vaksinasi merupakan salah satu usaha dalam mencegah terpaparnya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

"Karena bagaimanapun kami punya keyakinan vaksin adalah salah satu ikhtiar menyelesaikan pandemi Covid-19. Karena pelaksanaan vaksin ketiga atau booster pertama itu sudah cukup lama, tentunya harus diulang dengan booster yang kedua atau vaksin yang keempat. Sehingga antibodi di badan kita mudah-mudahan semakin baik, sehingga bisa menangkal penyebaran COVID varian apa pun," ujar Yana di Sport Jabar Arcamanik, Bandung, Selasa, 24 Januari 2023.

Yana mengaku otoritasnya siap menggelar vaksinasi booster kedua. Itu ditandai dengan ketersediaan vaksin dan lokasi yang telah dimiliki oleh Pemerintah Kota Bandung.

Warga Kota Bandung dapat menjalani vaksin booster kedua di setiap pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada.

Puskesmas melaksanakan vaksinasi booster kedua saat ada warga yang mendaftar berjumlah minimal sepuluh orang.

"Penggunaan per vial vak­sin untuk sepuluh orang. Jadi kalau kurang dari 10 orang maka puskesmas tersebut belum dapat menggelar vaksinasi booster kedua," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Anhar Hadian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Booster Kedua 6 Bulan Usai Booster Pertama

Dalam pelaksanaannya, Pus­kes­mas berkoordinasi de­ngan petugas kelurahan mau­pun kecamatan untuk menyosialisasikan dosis ke­empat vaksin Covid-19.

Berdasarkan surat edaran, vaksinasi dosis boost­er kedua dapat diberikan enam bulan setelah booster pertama.

Jadwal terdekat vaksinasi booster kedua, yakni di Puskesmas Pasirkaliki pada 24-25 Janua­ri 2023, pukul 8.00-10.00 WIB.

"Ketersediaan vaksin yang dimiliki Kota Bandung berjumlah 94 vial, setara 940 dosis, vaksin Covid-19 Pfizer. Kami siap mengaju­kan permohonan tambah­an vaksin ke Pemprov menyesuaikan kebutuhan," sebut Anhar.

Data Dinas Kesehatan Kota Bandung per 21 Januari 2023, masih ada sekitar 47 persen dari total sasaran 2.176.088 jiwa yang belum mengikuti vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS