Sukses

Kerajaan yang Pernah 'Numpang Nampang' di Bengkulu

Bengkulu berasal dari berbagai macam sumber bahasa asing, bahasa melayu dengan kata 'Bang' berarti pesisir dan 'Kulon' yang artinya Barat.

Liputan6.com, Bengkulu - Bengkulu adalah provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, kata Bengkulu berasal dari berbagai macam sumber bahasa asing, bahasa melayu dengan kata 'Bang' berarti pesisir dan 'Kulon' yang artinya Barat.

Sesuai pelafalan masyarakat Bengkulu, perubahan pengucapan 'Bang' menjadi Ben dan 'Kulon' menjadi Kulu. Mungkin banyak yang belum mengetahui adanya kerajaan-kerajaan di Kota Raflesia ini. Padahal, jumlahnya cukup banyak.

 

Konon ceritanya, sempat terjadi peperangan antara kerajaan-kerajaan yang ada di Bengkulu. Perang adu otak, otot, senjata hingga menjadi pertumpahan darah dan penumpukan korban.

Korban-korban peperangan ini menjadi bangkai yang memicu sumber nama penyebutan Bangkai menjadi Bangka dan lama kelamaan berubah menjadi Bangkahulu, sekarang disebut Bengkulu.

Sumber tradisional juga menyebutkan Bengkulu itu bersumber dari kata Bangkahulu yang berasal dari kata Bangka dan Hulu bermakna Bangkai di Hulu.

Cerita kerajaan legenda ini membuat beberapa penamaan daerah di Bengkulu menggunakan nama Kerajaan di Bengkulu di antaranya, Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Selebar, Kerajaan Patpetulai, Kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemah, Kerajaan Sekiris, Kerajaan Gedung Agung, Kerajaan Marau Riang. Kerajaan-kerajaan di Bengkulu tersebut di bawah Kesultanan Banten.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.