Sukses

Sejarah Baru, Konfederasi Asia Miliki 3 Wakil di Fase Gugur Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Yogyakarta - Dengan berakhirnya fase grup Piala Dunia 2022, maka fase gugur resmi dimulai. Sebanyak 16 tim akan berlomba mengejar posisi puncak.

Dari 16 tim tersebut, tiga di antaranya adalah wakil dari Asia, yakni Australia, Jepang, dan Korea Selatan. Bahkan, salah satunya berhasil memuncaki klasemen grup neraka, yakni Jepang.

Lolosnya tiga wakil dari Asia ini mencatat sejarah baru di sepanjang perhelatan Piala Dunia. Jepang dan Korea Selatan menang dramatis di babak penyisihan grup, sementara Australia sudah lebih dulu memastikan posisinya sebagai runner-up grup D.

Tim yang dijuluki The Socceroos ini menjadi wakil Asia pertama yang lolos ke babak 16 besar setelah menang 1-0 atas Denmark. Selanjutnya, Samurai Biru menyusul setelah berhasil mengalahkan Spanyol 2-1.

Lolosnya Timnas Jepang ke fase gugur mengejutkan banyak penikmat sepak bola karena berhasil menduduki puncak klasemen Grup E yang juga disebut sebagai grup neraka. Bahkan, Jepang juga berhasil menaklukkan dua tim raksasa, yakni Jerman dan Spanyol.

Wakil Asia selanjutnya yang berhasil lolos ke fase gugur adalah Korea Selatan. Tim yang dijuluki Taeguk Warriors ini berhasil menjadi runner-up Grup H setelah mengalahkan Portugal 2-1.

Masuknya tiga tim dari Asia ke fase gugur mencatatkan sejarah baru di piala dunia. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, tiga negara dari konfederasi Asia berhasil masuk ke fase knock-out Piala Dunia. 

Pada fase gugur Piala Dunia 2022 Qatar ini, Australia melawan Argentina pada Minggu (4/12/2022) pukul 02.00 WIB. Sementara itu, Jepang berhadapan dengan Kroasia pada Senin (5/12) 22.00 WIB, sedangkan Korea Selatan bertemu Brasil pada Selasa (6/12) pukul 02.00 WIB.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS