Sukses

Aktivis Kemerdekaan Papua Filep Karma Ditemukan Meninggal Dunia di Pantai Bse G Jayapura

Aktivis kemerdekaan Papua, Filep Karma, ditemukan meninggal dunia di Pantai Bse G Jayapura, Selasa pagi (1/11/2022).

Liputan6.com, Jayapura - Aktivis kemerdekaan Papua, Filep Karma, ditemukan meninggal dunia di Pantai Bse G Jayapura, Selasa pagi (1/11/2022), sekitar pukul 07.00 WIT.

Kapolsek Jayapura Utara Akp Yahya Rumra mengonfirmasi kebenaran adanya penemuan jenazah yang ditemukan warga di pantai Bse G yang diduga Filep Karma.

"Untuk memastikan masih menunggu konfirmasi keluarga," katanya, dikutip Antara.

Filep Karma bernama lengkap Filep Jacob Semuel Karma, lahir 15 Agustus 1959 di Biak Papua. Dia merupakan aktivis kemerdekaan Papua, yang pada 1 Desember 2004, ikut mengibarkan bendera Bintang Kejora dalam sebuah upacara di Jayapura. Atas tindakannya itu, Filep Karma dituduh makar dan dihukum penjara 15 tahun. 

Karma dibesarkan di keluarga kelas atas yang aktif di perpolitikan daerah. Ayahnya, Andreas Karma, merupakan pegawai negeri sipil didikan Belanda yang lanjut bekerja untuk pemerintah Indonesia pasca-kemerdekaan. Andreas adalah bupati Wamena dan Constant Karma, salah satu sepupu Filep, menjabat sebagai wakil gubernur Papua.

Filep Karma juga sempat mengenyam pendidikan di Solo, Jawa Tengah, sebelum menjadi pegawai negeri sipil seperti ayahnya. Pada 1997, ia berangkat ke Manila untuk kuliah selama satu tahun di Asian Institute of Management, namun dia tidak menyelesaikan studinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.