Sukses

Tambah Pendapatan Keluarga dengan Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan media sosial dan media digital berdampak terhadap berbagai perubahan aspek kehidupan manusia. Dari yang semua serba manual dan konvensional beralih ke era serba digital dan online.

Penggunaan media sosial saat ini tidak hanya sekedar untuk komunikasi, tetapi banyak digunakan oleh influencer, artis dan konten kreator untuk mendulang pendapatan. Kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan oleh siapa saja.

Sebagai salah satu pengguna pengguna media sosial, kita juga bisa meraih pendapatan dari media sosial meski hanya berdiam diri di rumah saja. Banyak platform media sosial saat ini yang menyediakan fitur untuk meraih pendapatan.

Dengan cakap teknologi kita bisa memanfaatkan hal tersebut. Lalu bagaimana tips dan trik menjadikan media sosial sebagai sumber pendapatan bagi keluarga?

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program literasi digital untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat. Webinar kali ini dengan tema ‘Tips dan Trik Jadikan Media Sosial Sebagai Sumber Pendapatan Keluarga’ akan dilaksanakan Senin, 26 September 2022 pukul 14.00 – 16.00 WIB bersama narasumber dari berbagai latar belakang.

Muhammad Faiz Ghifari Founder Belajarlagi.id akan menjadi narasumber pertama, selanjutnya ada Annisa Choiriya Chief Marketing PT. Cipta Manusia akan berbagi pengalaman nya. Selain itu Ketua Bidang Ekonomi Digital dan UMKM Sobat Cyber Indonesia Muhammad Miqdad Nizam.

Untuk mengikuti webinar ini bisa mendaftar melalui link berikut https://event.literasidigital.id/daftar/24350 atau info.literasidigital.id.

Dewasa ini perkembangan teknologi menjadi penyebab salah satu terbentuknya era digital yang membawa perubahan. Pada era ini, teknologi digital sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi melalui media sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Pengguna internet di Indonesia pada 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Pengguna media sosial di Indonesia mencapai 61,8 persen dari total populasi Indonesia.

Guna mendukung terwujudnya Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital dengan diadakan webinar yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital. Selain itu meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan ruang digital yang aman, berbudaya, beretika dan produktif.

Ada empat pilar yang disajikan dalam kegiatan webinar literasi digital yang berlangsung mulai tanggal 24 Juni 2022 hingga enam bulan ke depan. Aman bermedia digital, cakap bermedia digital, budaya bermedia digital, juga etis bermedia digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.