Sukses

Dari 19.588 Populasi Sapi di Paser Cuma 44 Ekor yang Terpapar PMK

Liputan6.com, Paser - Pengentasan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak tengah gencar dilaksanakan. Salah satunya dengan vaksinasi yang dilakukan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Paser.

Sejauh ini capaian vaksinasi hewan ternak di Kabupaten Paser telah disuntikkan ribuan dosis dari 4.148 dosis yang disiapkan. Pelaksanaannya dimulai sejak 3 Agustus 2022 lalu.

"Realisasi capaian vaksinasi PMK yang kami lakukan sebanyak 3.576 dosis," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Paser, Djoko Bawono, Senin (29/8/2022).

Ia menuturkan jumlah populasi sapi yang ada di Kabupaten Paser sebanyak 19.588 ekor. Diketahui terdapat 44 ekor diantaranya terpapar PMK. Hal itu berdasarkan data sistem informasi kesehatan hewan nasional atau biasa disebut SIKHNAS.

"Masing-masing sapi terpapar PMK tersebar di dua Kecamatan, yakni di Kecamatan Pasir Belengkong sebanyak 15 kasus dan 29 kasus di Kecamatan Muara Komam," beber Djoko.

 

 

 

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi Kedua Bulan Depan

Dalam penanganan kasus PMK di Kabupaten Paser, pihaknya melibatkan Dinas Perkebunan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, Puskeswan se-Kabupaten Paser, Balai Veteriner Banjarbaru Kalimantan Selatan, serta TNI-Polri, Kelompok tani hingga perangkat desa.

"Penanganan hewan terpapar PMK juga telah kami lakukan penyembelihan bersyarat sebanyak 25 ekor sapi. Juga terdapat satu ekor yang mari dan yang sembuh 18 ekor. Itu dari total keseluruhan 44 ekor sapi terpapar PMK," jelas dia.

Masih dalam tindak lanjut penanganan PMK di Kabupaten Paser, nantinya bulan depan bakal dilakukan penyuntikan dosis kedua pada 3.576 hewan ternak.

"Kami persiapkan vaksin PMK tahap 2 untuk ternak sapi dan kerbau sebanyak 3.000 dosis, kita rencanakan penyalurannya pada 4 dan 5 September nanti," pungkasnya.

Sekadar diketahui untuk per botol vaksin berisi 200 cc. Di mana tiap 1 botol bisa disuntikkan untuk 100 ekor sapi. Dalam sekali cukup 2 cc perekornya.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.